Sri Mulyani: Kenaikan Impor Jadi Indikator Pertumbuhan Industri

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat ditemui di gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut kenaikan nilai impor pada Januari 2018 menjadi salah satu indikator pertumbuhan industri dalam negeri.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS),neraca perdagangan Januari 2018 mengalami defisit 0,67 miliar dolar AS, dengan nilai ekspor 14,46 miliar dolar AS dan nilai impor 15,13 miliar dolar AS.

“Terlihat impor kita mengalami kenaikan tapi itu menjadi indikator dari pertumbuhan industri dan sektor-sektornya di Indonesia,” kata Sri Mulyani melalui konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2018).

Menteri yang akrab disapa Ani ini mengungkapkan, pertumbuhan penerimaan bea masuk Januari 2018 ditopang oleh pertumbuhan devisa impor yang naik 27,67 persen dibanding Januari 2017 lalu.

Nilai devisa impor Januari 2018 tercatat sebesar 12,61 miliar dolar AS, sedangkan devisa impor Januari 2017 hanya 9,88 miliar dolar AS.

Adapun kontribusi pertumbuhan devisa impor ini mencakup semua jenis komoditas utama, yakni bahan baku dan penolong (32,26 persen), barang modal (20,89 persen), serta barang konsumsi (17,06 persen).

Jika dilihat berdasarkan sektor industrinya, pertumbuhan devisa impor mengalami peningkatan signifikan dari periode yang sama tahun lalu.

Seperti sektor industri pertambangan dan penggalian, industri pertanian kehutanan dan perikanan, serta industri informasi dan komunikasi yang tumbuh tinggi ketika tahun lalu justru mengalami minus atau tidak bertumbuh.

Sementara sektor yang mendominasi pertumbuhan devisa impor Januari 2018 adalah industri pengolahan yang tumbuh 26,78 persen.

“Ini suatu momentum positif. Semuanya kalau dibandingkan dengan tahun lalu, kenaikannya sangat nyata dari sisi growth,” tutur Ani.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: