Cerita Petugas Bea Cukai Ungkap Penyelundupan Sabu dalam Pembalut

Bea dan Cukai berhasil mengungkap penyelundupan narkotika jenis sabu 538 gram di terminal kedatangan internasional Bandara Ahmad Yani, Semarang, Kamis (22/2/2018).

Petugas Bea dan Cukai di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang memang menggagalkan penyelundupan sabu seberat 538 gram di terminal kedatangan bandara tersebut.

Petugas membutuhkan waktu cukup lama dan kejelian untuk dapat mengungkap temuan dari salah satu penumpang pesawat AirAsia itu. Sebab, sabu tersebut disimpan di daerah organ vital perempuan yang ditutupi pembalut wanita.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayaan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Emas Semarang, Tjertja Karja Adil mengatakan, pihak Bea Cukai harus sangat teliti melihat gerak-gerik para penumpang. Keadaan makin sulit karena penumpang tiba secara bersamaan.

“Modus pelaku sangat picik. Di-scan bagian koper tidak tampak. Barang ternyata disimpan di pembalut,” kata Tjertja, di Semarang, Kamis (22/2/2018).

Menurut dia, modus yang dilakukan AW (41), warga Pematang Siantar, Sumatera Utara, itu terungkap berkat kejelian petugas di lapangan.

“Penumpang seperti ini kami punya data akurat, kami punya kecurigaan tinggi,” ucapnya.

Tjertja mengatakan, ciri yang mudah diketahui dari seorang pengedar narkoba adalah pemesanan tiket pesawat yang mendadak. Tiket juga dipesankan oleh orang lain.

“Itu petunjuk yang bisa dilihat. Lalu daerah asal Pematangsiantar ke Semarang apa kepentingannya?” tambahnya.

“Ketika dia datang kami lakukan pemeriksaan barang detil, ternyata disembunyikan di tempat pribadi,” tandasnya lagi.

Pengungkapan kasus ini berkat kerja sama Bea dan Cukai didukung Polda Jawa Tengah. Bea cukai meyakini pasokan sabu akan terus masuk karena permintaan tinggi.

“Kami yakini apa di perhubungan laut atau airport akan terus datang, makanya kami perlu koordinasi lanjut,” paparnya.

Sebelumnya, seorang penumpang pesawat Air Asia AK 328 rute Kuala Lumpur-Semarang, EW (41), ditangkap petugas Senin (19/2/2018). EW ditangkap karena kedapatan menyimpan sabu seberat 538 gram di dalam pembalut yang dipakainya.

Perempuan asal Pematangsiantar, Sumatera Utara, itu sebelumnya terbang dari Malaysia menuju Semarang. Penemuan itu berkat analisaprofiling terhadap salah satu penumpang.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: