DPRD Makassar Dorong Bapenda Sasar Penunggak Pajak

DPRD Makassar Dorong Bapenda Sasar Penunggak Pajak

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar, optimis bakal merealisasikan target pendapatan pajak di sektor Hotel, Kos, Spa dan Lostmen. Apalagi menjelang monitoring dan evaluasi (monev) triwulan pertama, realisasi pajak sudah mencapai Rp400 miliar.

Dengan kondisi ini, DPRD Makassar mendorong agar pemerintah kota untuk memaksimalkan sasar penunggak pajak di daerah ini.

Sekertaris Komisi B DPRD Makassar, Mesakh Raymond Rantepadang mengatakan, tahun lalu pada semester pertama realisasi pajak hotel dan restoran hanya Rp200 miliar, sekarang meningkat bahkan 100 persen menjadi Rp400 miliar.

“Saya lihat ada peningkatan kalau di pajak hotel dibanding tahun sebelumnya, tapi pastinya nanti kita lihat neracanya saat monev,” tuturnya.

Selain itu ia mengaku sejak adanya satgas pajak yang siaga disetiap hotel dan restoran, kecurangan dan manipulasi pajak yang kerap dilakukan pihak pengusaha bisa diminimalisir.

“Sebab satgas ini memantau dan memonitoring kasir yang ada disetiap restoran begitu juga dengan hotel. Sehingga kecurangan sangat sulit dilakukan,” ujarnya.

“Tetapi ke depan kita harusnya tidak hanya mengandalkan satgas ini, tetapi sistem pajak online yang harus dimaksimalkan,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali beberapa waktu yang lalu mengakui jika saat ini banyak sekali usaha yang belum disasar oleh Bapenda yang berpengaruh pada penarikan pajak. Dengan demikian kepada Bapenda Makassar untuk segera mengatasinya.

“Pemkot perlu kiranya segera melakukan terobosan terkait usaha peningkatan pendapatan daerah demi akselerasi pembangunan di Kota Makassar. Banyak sekali sektor usaha di Makassar yang ternyata tidak mengantongi izin usaha, sehingga mereka bisa lari dari tanggungjawab untuk membayar pajak,” ungkap ARA.

Sumber : sindonews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: