Harga minyak naik terus? ini nilai keekonomiannya

Harga minyak naik terus? ini nilai keekonomiannya

Harga Bahan Bakar Minyak mengalami perubahan harga per tanggal 24 Februari 2018. PT Pertamina menaikkan harga BBM Pertamax Series lantaran harga minyak mentah dunia terus menanjak.

Saat ini Pertamax dijual seharga Rp 8.900 per liter, naik Rp 300 dari sebelumnya Rp 8.600 per liter.

Harga Pertamax Turbo saat ini mencapai Rp 10,100 per liter atau naik Rp 500 dari harga sebelumnya sebesar Rp 9.600 per liter.

Pertamina Dex juga mengalami kenaikan harga sebesar Rp 750 per liter menjadi Rp 10.000 per liter dari sebelumnya Rp 9.250 per liter.

BBM jenis Dexlite saat ini dijual seharga  Rp 8.100 per liter. Harga Dexlite naik sebesar Rp 600 dari harga sebelumnya yang dipatok Rp 7.500 per liter.

Bagaimana hitung-hitungan kenaikan minyak ikut mendorong harga BBM?

Direktur Eksektutif Institute for Essential Services Reform (IESR), Fabby Tumiwa mengatakan, harga keekonomian BBM dilihat biaya produksi dan distribusi per margin, dan tergantung harga minyak mentah.

Menurut perhitungannya, dengan harga minyak mentah yang ada saat berkisar US$ 67 per barel, harga untuk Research Octane Number (RON) 95 seperti Pertamax berkisar Rp 8.300-8.500 di luar margin perusahaan. Jika perusahaan mengambil margin 10%, berarti harga keekonomian RON 95 sekitar Rp 9.100-9.300.

“Biaya produksi 8.300-8.500 itu sudah memperhitungkan biaya angkut, distribusi dan pajak,” katanya kepada kontan.co.id, Minggu (25/2).

Dia melanjutkan, untuk Pertamax, Pertamina sangat sangat mungkin mematok harga Rp 8.000 per liter, serta sekitar Rp 7.800- Rp 8.000 per liter untuk RON 92.

Sementara untuk Premium atau RON 88, harga ke ekonomiannya setara dengan harga jual sekarang. Dia memprediksi, kemungkinan Pertamina tidak dapat untung dari penjualan Premium.

“Sebenarnya, BBM untuk transportasi itu yaitu Premium dan Solar tidak disubsidi lagi, tapi harganya diatur atau ditetapkan oleh pemerintah. Kalau harga Premium dan Solar tidak naik maka margin Pertamina akan terpangkas,” kata Fabby.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: