Konsumsi Melambat, Pertumbuhan Ekonomi Diperkirakan Meleset

Konsumsi Melambat, Pertumbuhan Ekonomi Diperkirakan Meleset

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih memprediksi, target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen akan meleset, mengingat lambatnya pertumbuhan konsumsi.

Diperkirakan pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini hanya akan mencapai 5,05 persen sampai 5,15 persen. Angka itu jauh dibawah proyeksi Bank Indonesia yang berkisar 5,1 persen-5,5 persen.

Menurut Lana, konsumsi rumah tangga yang merupakan penyumbang produk domestik bruto (PDB) masih bermasalah. Hal ini tampak dari daya beli masyarakat kelas bawah yang belum normal.

Adapun, permasalahan konsumsi rumah tangga dipicu oleh penjualan ritel yang melambat. Padahal, penjualan ritel berkontribusi hingga 60 persen terhadap konsumsi rumah tangga. Perlambatan ini terjadi di seluruh komponen penjualan ritel, kecuali Bahan Bakar Minyak (BBM), meskipun harga BBM nonsubsidi jenis Pertamax baru saja naik.

“Dari sisi konsumsi komunikasi dan informasi, sebenarnya masyarakat Indonesia sangat gadget minded, tapi menurun,” ujarnya di Padang, Sumatra Barat, Minggu (25/2).

Pun demikian, Lana tetap berharap kinerja ekspor bisa tumbuh lebih baik di tahun ini. Tahun lalu, kinerja ekspor Indonesia bertumbuh 16,2 persen atau di atas target sebesar 5,6 persen. Adapun, tahun ini, pemerintah mematok pertumbuhan ekspor 11 persen.

“Diharapkan, dengan perbaikan ekonomi global ini akan ada permintaan yang lebih tinggi terhadap barang ekspor Indonesia,” terang Lana.

Optimisme lainnya, ia menambahkan, iklim usaha yang membaik seiring dengan selesainya sejumlah proyek infrastruktur pemerintah. Selain itu, bantuan sosial (bansos) diyakini akan mendorong konsumsi rumah tangga.

Sumber : cnnindonesia.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: