Intensif bagi industri berbasis ekspor

JAKARTA. Pemerintah berjanji untuk mempercepat penyelesaian paket kebijakan ekonomi XVI terkait tata niaga ekspor dan impor. Tidak hanya soal tata niaga, paket kebijakan yang sedang dipersiapkan pemerintah ini juga akan mengatur soal intensif fiskal ke perusahaan.

Pelaksanaan tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Ekonomi Elen Setiadi mengatakan, sejumlah kemudahan akan diberikan kepada industri berbasis ekspor di Tanah Air.

Untuk itu pihaknya tengah berkoordinasi dengan sejumlah kementerian dan lembaga terkait agar hambatan pengembangan industri berbasis ekspor bisa terselesaikan. “Kita sedang dalami dan bahas industri yang berorientasi ekspor yang diproritaskan untuk mendapatkan kemudahan,” kata Elen kepada KONTAN, Minggu (25/2).

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemko Perekonomian Iskandar Simorangkir menambahkan, industri berbasis ekspor baik yang sudah eksisting atau perusahaan investasi baru akan diberikan kemudahan termasuk insentif tax allowance dan tax holiday.

Namun untuk mendapatkan insentif itu, perusahaan harus bisa menyerap tenaga kerja yang banyak dan berivestasi dengan jumlah yang banyak dan berinvestasi dengan jumlah yang besar. Produk yang dihasilkan juga berorientasi ekspor, atau menggunakan inovasi dengan teknologi baru yang akan memberikan nilai tambah di kemudian hari. “Intensif ini kita berikan kepada para investor agar tertarik berinvestasi di Indonesia,” ujar Iskandar.

Namun menurut Ekonom Indef Bhima Yudhistira Adhinegara, agar investor tertarik maka harus ada kejelasan terkait penerima insentif pajak. “Tax holiday dan tax allowance harus dipermudah dari saat ini,” ujar Bhima.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: