Jokowi: Jangan Sampai Kita Impor, Impor dan Impor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menteri dan pelaku usaha tidak lagi mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan produksi dalam negeri.

“Jangan sampai kita impor, impor, impor,” kata Jokowi saat meresmikan pabrik bahan baku obat dan produk biologi milik anak usaha PT Kalbio Global Medika (KGM) di Delta Silikon 3 Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (27/2/2018).

Menurut Jokowi, sudah saatnya Indonesia berinvestasi di produk yang saat ini masih mengandalkan impor.

“Marilah kita bersama berfikir berinvestasi di bidang yang kita masih impor. Dan saya senang kapasitas produksi kita hari ini di kategori obat bioteknologi,” ucap Jokowi.

Khusus di bidang farmasi, Jokowi menambahkan Indonesia memiliki peluang besar untuk mengembangkan bioteknologi. Sehingga bahan baku untuk pembuatan obat tak lagi impor.

“Saya ingin mengajak semua pelaku industri farmasi untuk ikut terjun di sektor ini berinvestasi secepat-cepatnya. Ini dikerjakan otomatis dengan mesin-mesin otomasi, ada robotnya dan ini sebuah lompatan dan saya kira investasi-investasi seperti ini yang kita butuhkan,” tandas Jokowi.

Resmikan Pabrik Bahan Baku Obat

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur DKI Anies Baswedan dan rombongan saat meninjau wisma atlet Asian Games 2018 di Kemayoran, Jakarta, Senin (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Jokowi meresmikan dibukanya pabrik bahan baku obat dan produk biologi milik Grup Kalbe di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik ini telah mendapatkan sertifikat Cara Pembuatan Bahan Baku Aktif Obat yang Baik (CPBBAOB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan produknya siap dipasarkan akhir 2018.

Total investasi KGM pada tahap awal mencapai Rp 500 miliar untuk membangun fasilitas produksi, dan juga mengalokasikan Rp 200 miliar untuk riset dan pengembangan, serta transfer teknologi dari pihak China dan Korea Selatan.

Dalam peresmian pabrik tersebut, turut hadir Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: