Pajak Dipangkas, Harga Mobil Sedan di Indonesia Bisa Lebih Murah

Pemerintah saat ini tengah mempertimbangkan untuk memangkas Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan jenis sedan. Alasannya, sebagian jenis mobil ini tidak cocok digolongkan sebagai barang mewah.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengemukakan, banyak keluarga kecil yang bisa memanfaatkan mobil compact car ini. Apalagi ekspor mobil sedan di Indonesia cukup besar.

“Kita ingin mendorong PPnBM mobil sedan rendah. Saat ini sekitar 30 persen. Banyak keluarga kecil bisa manfaatkan compact car ini,” ujarnya, saat menerima 10 mobil listrik dari Mitsubishi Motors di Gedung Kemenperin, Jakarta, Senin (16/2/2018).

Dia menuturkan, usulan revisi PPnBM mobil sedan saat ini masih dibahas bersama kementerian terkait. Diharapkan masuk tahap final pada bulan depan.

“Sedang dibahas, kami masih terus berkoordinasi dengan kementerian terkait. Mungkin dalam satu bulan ke depan sudah final,” ujar Airlangga.

Seperti diketahui, PPnBM mobil sedan saat ini sebesar 30 persen. Sementara kendaraan jenis lain, seperti hatchback dan MPV (Multi-Purpose Vehicle) dengan kapasitas mesin sama hanya dikenakan pajak 10 persen. Hal ini menyebabkan pasar mobil sedan di Tanah Air terpuruk. Banyak konsumen yang beralih ke kendaraan jenis lain.

Sumber : inews.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: