Pembayaran Pajak Tak Sebanyak Penambahan Kendaraan

Jumlah kendaraan bermotor di Kabupaten Bogor bertambah sebanyak lebih dari 2.000 unit setiap pekan. Namun, penambahan tersebut tidak diikuti kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraannya.

Jumlah penambahan kendaraan tersebut tercatat berdasarkan data Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Bogor. Hingga Februari 2018, penambahannya mencapai hampir 12.000 unit mulai dari sepeda motor hingga kendaraan roda empat atau lebih.

Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Polisi Resor Bogor Dicky Pranata menyebutkan hanya 55 persen wajib pajak yang telah melaksanakan kewajibannya. “Makanya kita sering gelar Operasi Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang bersama Dinas Pendapatan,” katanya, Senin, 26 Februari 2018.

 Dalam operasi tersebut, Dicky menyebutkan sasarannya adalah para pemilik kendaraan yang telat membayar pajak. Pengendara yang ketahuan belum membayar pajaknya dipaksa membayar di tempat sehingga meningkatkan pendapatan pemerintah dari pajak tersebut.

Dicky menganggap harga jual kendaraan semakin terjangkau semua kalangan masyarakat sehingga penambahannya tak terkendali. Ia menyebut kecamatan dengan penambahan paling banyak seperti Cibinong, Sukaraja, Bojonggede, Citeurep, Babakan Madang, Leuwiliang dan Cigudeg.

Tak bisa dibatasi

Selain sepeda motor, Dicky mengakui banyak di antara masyarakat yang membeli kendaraan roda empat tipe SUV seharga kurang dari Rp200 juta. Pengajuan pembuatan dokumen kendaraan-kendaraan tersebut pun terus menumpuk di Samsat setempat karena petugas tidak bisa membatasinya.

Jumlah tersebut sebenarnya berkurang dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dicky menyebut jumlah kendaraan baru pada Februari 2017 lalu mencapai 3.000 unit per pekan. Ia berharap kesadaran masyarakat membayar pajak juga bertambah.

Menurut Kepala Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Bogor Ateng Kusnandar, jumlah kendaraan yang telah mendaftar ulang di Kabupaten Bogormencapai 1.646.365 unit. Sebanyak 1.454.973 unit di antaranya adalah sepeda motor sedangkan 191.392 unit lainnya kendaraan roda empat atau lebih.

“Sejak 2016 kendaraan di Kabupaten Bogor itu meningkat sekitar 100 ribu unit,” kata Ateng. Ia mengakui kesadaran masyarakat membayar pajak masih rendah. Meski demikian, realisasi pendapatan pajak kendaraan pada 2017 lalu melampaui target yakni 106 persen.

Sumber : pikiran-rakyat.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: