Indonesia Bebas dari Truk Bekas Impor

Indonesia Bebas dari Truk Bekas Impor

Wacana truk bekas yang diimpor kembali mencuat setelah Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyebut akan membuat larangannya tahun ini. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menaungi seluruh Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia mengatakan bahwa tidak ada truk impor di Tanah Air.

“Sekarang boleh dikata tidak ada (truk bekas impor yang beroperasi di Indonesia). Kecuali bila mereka nyeludupkannya dari Kalimantan, itu mungkin saja. Tapi sangat tipis dan susah,” ucap Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi kepada wartawan di JCC, Senayan, Jakarta.

“Karena truk bekas impor itu tidak boleh. Kalau masih ada, lapor ke saya. Nanti saya laporkan,” tegas Nangoi.

Terkait keputusan pemerintah yang ingin menggalakkan kembali aturan truk bekas impor, Nangoi merespon positif. Ia memaparkan, meski tidak ada lagi di Indonesia kebijakan tersebut perlu di galakkan karena mungkin masih saja banyak yang bandel.

“Ini beberapa kali kita bilang ke pemerintah, minta dukungan ke pemerintah. Karena truk impor bekas itu tidak resmi, tidak boleh. Mereka harus minta ijin dari perindustrian untuk mendapatkan alokasi. Nah ini yang selalu ditutup oleh perindustrian karena mereka tidak melihat urgensinya untuk impor,” kata Nangoi.

Oleh karena itu, diharapkan pameran khusus kendaraan komersil, Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 diharapkan mampu memantapkan pikiran pelaku bisnis Indonesia untuk menghindari pembelian truk bekas dari luar. Karena tidak ada manfaatnya sama sekali.

“Truk bekas itu uji emisinya tidak jelas, layak jalannya juga tidak jelas, sparepart nya pun tidak tahu dari mana, dan segala macam. Bahaya,” tutup Nangoi.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: