Merugikan, Isuzu Dukung Pemerintah Stop Impor Truk Bekas

Pemberitaan tentang impor truk bekas sudah menjadi perbincangan hangat di kalangan pelaku industri otomotif nasional. Mereka pun mendukung kebijakan pemerintah yang akan menyetop impor truk tersebut.

Director of Product Planning Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Edy Jusuf Oekasah mengemukakan, impor truk ini terjadi karena adanya perubahan standar emisi di negara asal truk seperti Jepang.

“Impor truk bekas paling banyak itu dulu dari Jepang. Lima sampai enam tahun lalu, Euro 2 dilarang di sana. Mereka ganti standarisasi. Sedangkan Indonesia masih belum memberlakukan hal itu. Nah dikirim deh ke sini karena bangkai di mereka banyak. Sekarang sih sudah menipis,” papar Edy saat ditemui iNews.id dalam ajang Giicomvec 2018 di JCC, Senayan, Jakarta.

Dia menuturkan, truk-truk yang diekspor kebanyakan berukuran besar. Dikirim dari Hong Kong ke Pulau Jawa dan Sumatera. Karena di sana merupakan daerah yang sedang melakukan pembangunan.

“Paling banyak sih sepertinya truk besar di Jawa dan Kalimantan (yang melakukan hal tersebut). Kalau pengekspornya mungkin dari Hong Kong ya, yang setir kanan. Karena kalau setir kiri modifikasinya susah,” lanjutnya.

Terkait kebijakan pemerintah yang ingin menyetop aturan truk bekas impor, Edy menyambutnya dengan sangat baik. Jika dibiarkan, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan industri otomotif di dalam negeri.

“Dari dulu kita terbiasa dengan impor transportasi niaga yang tidak layak pakai, dan sudah sepatutnya harus kita hentikan. Lagi pula orang di luar negeri dibuang kok malah kita ambil. Hasilnya nanti malah ekonomi tidak berputar di sini.

“Lagipula truk bekas itu kan tidak ada standarisasinya. Boro-boro Euro 2, Euro 0 saja belum tentu. Spare partnya juga seperti apa? Kan ini truk jalan terus, nah kalau misalkan mogok di jalan tol ke Cikampek gimana? Yang ada malah membuat macet. Maka, keputusan truk bekas distop itu saya bilang tepat, ” tegas Edy.

Sumber : inews.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: