Menteri Jonan: Melaporkan SPT pajak secara online jauh lebih mudah

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengisi Surat Pemberitahuan (SPT) laporan pajak secara daring atau online di Kementerian ESDM, Jakarta.

Usai melaporkan pajak, Jonan mengakui bahwa proses pelaporan dan pengisian SPT saat ini lebih mudah dan tak banyak makan waktu.

“Sejak tahun lalu elektronik. Berapa lama ya satu jam,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan kini pelayanan perpajakan sudah lebih baik dan sangat memudahkan wajib pajak, seperti dirinya untuk melaporkan pajak. “Jauh lebih user frendly yah dan jauh lebih mudah. Kalau 30 tahun lalu, mau urus NPWP ke kantor pajak, sekarang kan enggak usah, pakai internet bisa,” kata dia.

Karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk tak perlu ragu dalam menunaikan kewajiban pajaknya.

“Kepada seluruh masyarakat, ini ada Kakanwil, saya mengimbau bahwa untuk memasukan SPT pertama tepat waktu, kalau bisa sebelum 31 Maret, kedua mengisi dengan baik dan benar. Ini kan pajak untuk pembangunan kita bersama,” ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Selatan II, Edi Slamet Irianto mengatakan pihaknya akan terus membenahi sistem pengumpulan pajak agar semakin mempermudah masyarakat.

“Mereka (Wajib Pajak) kebanyakan ingin lebih mudah, simple, dan seterusnya dan kita berusaha untuk itu,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, Jonan menegaskan secara khusus untuk pegawai di lingkungan Kementerian ESDM untuk mematuhi kewajiban pajaknya. “Kan kewajiban perpajakan, namanya kewajiban ya wajib bukan ajuran. Berarti ya harus,” tegas Jonan.

Namun demikian, membayar pajak adalah kewajiban seluruh warga negara, tanpa terkecuali. “Bukan hanya pegawai di lingkungan ESDM tapi semua stakeholder di lingkungan Energi dan Sumber Daya Mineral itu harus dan wajib,” tegas Jonan.

Jonan-pun meminta kepada Direktorat Jenderal Pajak untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kewajiban membayar pajak. “Kalau misalnya tenaga ada ya mungkin sosialisasi,” tandasnya.

Sumber : merdeka.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: