Pemerintah Putuskan Harga Premium & Solar Tidak Naik Hingga 2019

Pemerintah memastikan harga Premium, dan Solar tidak akan naik sampai 2019. Keputusan itu dilakukan setelah melihat perkembangan daya beli masyarakat yang masih harus dijaga dengan tidak menaikkan harga bahan bakar penugasan dan tertentu tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, sesuai dengan arahan presiden, serta kesepakatan dengan Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan PT Pertamina (Persero), harga premium dan solar diputuskan tidak mengalami kenaikan.

“Kalau ditanya bagaimana harga minyak mentah terus naik ke US$100 per barel, intinya harga BBM Premium dan Solar tidak naik dan kami akan terus memantau perkembangan harga minyak mentah,” ujarnya pada Senin (5/3).

Jonan juga mengatakan, keputusan mempertahankan harga Solar itu juga setelah melakukan konsultasi dengan komisi VII DPR. Mereka [Komisi VII] pun mendukung untuk tidak menaikkan harga Solar subsidi tersebut.

“Intinya akan dipikirkan juga kompensasi atas tidak dinaikkan harga Premium dan Solar tersebut,” ujarnya.

Jonan pun menampik kalau keputusan tidak menaikkan harga Premium dan Solar ini berkaitan dengan jelang pemilihan presiden 2019.

“Keputusan ini diambil karena terkait daya beli masyarakat,” ujarnya.

Di sisi lain, keputusan harga Solar subsidi yang tidak berubah membuat ada kenaikan subsidi dari saat ini sekitar Rp500 per liter.

Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan, memang diperlukan tambahan subsidi untuk Solar. Jadi, subsidi Solar yang tadinya Rp500 mungkin akan ditambah.

“Mungkin bisa dalam area menjadi Rp1.000 per liter,” ujarnya.

Ego menekankan, keputusan tidak menaikkan harga BBM Premium dan Solar ini demi menjaga daya beli masyarakat. Di sisi lain, Harga Indonesia Crude Price (ICP) pun menunjukkan penurunan setelah per Februari 2018 berada di kisaran US$61,61 per barel, sebelumnya pada Januari 2018 harga ICP berada di sekitar US$65,59 per barel.

“Di luar keputusan tidak menaikkan harga BBM ini, kami juga akan tetap mencermati perkembangan harga minyak mentah dunia maupun ICP,” ujarnya.

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: