Penerimaan Pajak Naik Dobel Digit

JAKARTA. Realisasi penerimaan pajak hingga Februari 2018 masih menunjukkan kinerja yang cemerlang. Setoran pajak Februari 2018 tumbuh di atas 14% dibandingkan periode sama tahun lalu. Pertumbuhan itu juga lebih besar dibandingkan kinerja Januari 2018 yang hanya naik 11,75% year on year (yoy).

Dengan realisasi penerimaan pajak sampai Februari 2017 sebesar Rp 134,6 triliun, maka hitung punya hitung, penerimaan pajak sampai Februari 2018 akan mencapai sekitar Rp 153,5 triliun. Sedangkan di bulan Januari 2018, Ditjen Pajak baru mencatat kinerja penerimaan Rp 78,94 triliun.

Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak Ditjen Pajak Yon Arsal membenarkan penerimaan pajak dalam dua bulan pertama tahun ini positif. “Iya, kurang lebih segitu (tumbuh 14%). Masih dobel digit,” jelas Yon kepada KONTAN, Rabu (7/3).

Menurutnya, dari sisi jenis pajak, Pajak Penghasilan (PPh) non-migas masih konsisten tumbuh bagus seperti bulan lalu. Pada Januari 2018, pertumbuhan PPh non-migas sebesar 15%. Adapun penerimaan PPN dan PPnBm yang pada Januari 2018 tumbuh 9,41%, pada Februari ini juga masih tumbuh. “PPN sangat signifikan kenaikannya, lebih dari 15% juga. Angka detilnya mungkin minggu depan sudah bisa dirilis Kementerian Keuangan,” terang Yon.

Yon optimistis, momentum pertumbuhan dobel digit masih akan terjaga sampai akhir tahun. Hal ini seiring dengan terjaganya momentum pertumbuhan ekonomi di tahun ini. Pada tahun lalu (full year) penerimaan pajak tumbuh 4,08% sementara pertumbuh- an penerimaan pajak non-amnesti pajak tumbuh 15,85%.

Dengan angka penerimaan itu, Ditjen Pajak berharap target penerimaan pajak dalam APBN 2018 akan tercapai. Seperti diketahui pemerintah dalam APBN 2018 mematok target penerimaan pajak sebesar Rp 1.424 triliun. Jumlah ini naik 23,71% dibandingkan realisasi APBN-P 2017 sebesar Rp 1.151,1 triliun.

Apalagi kepatuhan wajib pajak menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan meningkat. Dirjen Pajak Robert Pakpahan bilang, jumlah SPT tahun pajak 2017 yang terkumpul hingga 5 Maret 2018 sekitar 3,2 juta. Dari jumlah itu SPT yang disampaikan melalui online (e-filing, e-form dan e-SPT) 72% dan manual 28%. “Pelaporan SPT naik 51% dibandingkan periode sama tahun lalu,” ujarnya.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: