Kebijakan Peta Tunggal Beri Kepastian Hukum Bagi Pengusaha

taxes

Kepala Bappenas atau Menteri PPN Sofyan Djalil menilai kebijakan peta tunggal atau one map policy terkait lahan akan memberikan keuntungan bagi para pengusaha.

“Bagi pebisnis akan jadi kepastian hukum,” kata Sofyan ditemui usai rapat perumusan one map policy di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2015).

Dengan adanya one map policy lahan, akan memudahkan tata kelola lahan oleh pemerintah. Pasalnya, selama ini setiap kementerian memiliki aturan dan hitungan masing-masing dan saling tumpang tindih, sehingga membuat izin penggunaan lahan bagi para pengusaha terganggu.

“Untuk penata kebijakan, penata izin bisa lebih bagus, karena kalau sekarang contohnya di peta ada kebun 150 hektar tapi dicoret sehingga tidak ketahuan. Begitu kita detilkan kita baru tahu ada sungai, sungai kalau di skala 1:200 ribu kan cuma garis lurus saja, tapi begitu peta 1:50 ribu baru kita tau sungai itu belok-belok,” terangnya.

Lebih jauh, saat ini Pemerintah stengah merumuskan aturan mengenai keabsahan One Map Policy lahan. Rumusan tersebut diharapkan dapat diselesaikan dan diimplementasikan pada tahun 2017, di mana rencana awal targetnya pada 2019.

“Mungkin kalau dipercepat Januari 2017-2018 kan bagus, karena itu pekerjaan besar,” jelasnya.

Sumber: metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: