APBN-P Tanpa Tax Amnesty

indexJakarta -Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, pemerintah sedang mengevaluasi APBN 2016. Dari hasil evaluasi ini, pemerintah akan mengajukan APBN Perubahan (APBN-P) 2016. Namun APBN-P 2016 ini tanpa skenario pengampunan pajak atau tax amnesty. Alasannya, sampai saat ini memang RUU Tax Amnesty belum juga disahkan oleh DPR.

“Setiap tahun memang, apakah APBN itu yang disusun satu tahun sebelumnya itu realistis tidak. Nah karena itu dengan beberapa pertimbangan situasi tentu kita akan evaluasi APBN ini untuk membuat APBN-P,” kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakpus, Selasa (15/3/2016).

JK membenarkan penyusunan APBN-P 2016 tanpa skema tax amnesty saat menjawab pertanyaan wartawan. “Ya otomatislah,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Ahli Wapres, Sofjan Wanandi, dalam wawancara terpisah mengatakan penyusunan APBN-P sebaiknya memang tidak lagi menyertakan skenario tax amnesty. “Saya pikir lebih baik kita kasih berkurang lebih banyak, tapi nanti kalau ada tambahan kita tambah lagi. Daripada kita terlalu tinggi (asumsi penerimaan) nanti tidak realistis orang melihatnya,” ujarnya.

Menurut Sofjan, negara memang mendapat tambahan penerimaan bila RUU Tax Amnesty diberlakukan. Namun hal ini terganjal karena RUU Tax Amnesty belum juga disahkan. “Kita mungkin akan masuk tanpa tax amnesty arahnya, karena juga ketidakpastian tax amnesty itu juga masih besar kan, itu yang terjadi,” katanya.

Pemasukan ini tentu menopang kebutuhan alokasi anggaran yang dicanangkan pemerintah. “Kalau sekarang ini kan kita perkirakan tax amnesty masuknya antara Rp 70 triliun sampai Rp 100 triliun,” sebut dia.

Seperti diketahui, lewat tax amnesty, pemerintah ingin menarik dana orang Indonesia yang selama ini disimpan di luar negeri untuk menghindari pajak. Lewat tax amnesty, dana-dana orang Indonesia yang nilainya ribuan triliun rupiah diharapkan masuk ke dalam negeri.

 

Sumber: http://www.pengampunanpajak.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pengampunan pajak

Tag:, , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: