Perpanjangan Izin Ekspor Newmont Masih Dievaluasi

JAKARTA. Izin ekspor PT Newmont Nusa Tenggara akan berakhir pada 20 Mei mendatang. Namun, menjelang sepekan habis masa berlakunya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum memberikan rekomendasi perpanjangan izin ekspor kepada Kementerian Perdagangan.

Direktur Ekspor Produk Industri dan Pertambangan Kementerian Perdagangan Didi Sumedi menyebut, pihaknya hingga saat ini belum menerima permohonan perpanjangan ekspor dari Newmont. “Izin ekspornya berlaku hingga 20 Mei,” katanya kepada KONTAN, Kamis (12/5).

Menurut Didi, perpanjangan izin ekspor bisa diterbitkan bila instansinya mendapatkan rekomendasi Surat Persetujuan Ekspor (SPE) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Hingga saat ini belum ada pengajuan kepada kami,” jelasnya.

Sementara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan masih mengevaluasi kelengkapan persyaratan dari Newmont. ESDM menerima permohonan perpanjangan ekspor sejak April 2016. Mereka meminta rekomendasi untuk memperpanjang izin ekspor enam bulan ke depan.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM Sujatmiko kepada KONTAN, Kamis (12/5) menjelaskan, pihaknya juga belum bisa memastikan kapan hasil evaluasi bakal diumumkan. Karenanya ESDM belum bisa memastikan kapan ada keputusan rekomendasi ekspor Newmont.

Ia menyebut ada batas waktu untuk melakukan evaluasi kelengkapan persyaratan rekomendasi ekspor yakni selama 20 hari sejak pengajuan.

Sebagai gambaran, salah satu persyaratan pemberian rekomendasi ekspor adalah perusahaan ini harus menyampaikan adanya perkembangan pembangunan smelter yang akan bekerjasama dengan PT Freeport, di Gresik Jawa Timur. Dalam proyek bersama itu Newmont berjanji akan menyetor dana US$ 3 juta untuk mendanai proyek dengan total investasi senilai US$ 2,3 miliar tersebut.

Kementerian ESDM kali terakhir menerbitkan rekomendasi Surat Perpanjangan Ekspor pada 18 November 2015 lantaran ada komitmen menyetorkan US$ 3 juta di nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Newmont dengan Freeport.

Hanya saja hingga berita ini turun, Juru bicara Newmont Rubi Purnomo belum memberikan tanggapan atas pertanyaan yang dikirim KONTAN lewat pesan singkat, mengenai kepastian setoran dana smelter senilai US$ 3 juta itu.

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: