BI Menghidupkan Lagi Redominasi Rupiah

Image result for rupiah stabil

JAKARTA. Bank Indonesia (BI) kembali mengusulkan penyederhanaan nominal mata uang rupiah. BI sudah menyelesaikan draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Redominasi Rupiah dan akan menyerahkan ke Dewan Perwakilan Rakyar (DPR). Gubernur BI Agus Mastowardoyo menargetkan, draf RUU Redominasi Rupiah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2017.

Wacana tentang redominasi rupiah santer terdengar pada tahun 2014. Pemerintah dan BI waktu itu menargetkan pembahasan RUU Perubahan Harga Rupiah atau redominasi dalam sidang DPR tahun 2015. Dalam RUU itu, pemerintah mengusulkan redominasi dengan menghapus tiga digit angka nol di mata uang rupiah. Misalnya dari Rp 1000 menjadi Rp 1.

Pembahasan RUU Redominasi mundur karena BI menilai pemberlakuan redominasi yang tepat saat rupiah stabil. “Kami mohon dukungan Dewan Perwakilan Daerah )DPD) agar RUU ini masuk Prolgenas 2017,” ujar Agus saat rapat dengan DPD, Rabu (7/9).

Redominasi menyederhanakan rupiah dan bukan pemotongan nilai rupiah. RUU Redominasi Rupiah, kata Agus, terdiri 15 pasal sehingga diharapkan akan mendorong DPR menyelesaikan pembahasan lebih cepat. Apabila masa transisi dari nominal lama ke yang baru membutuhkan waktu lama. “Selama 6 tahun nomial tukar lama dan bar akan berdampingan,” ungkapnya.

 

Penulis : Hasyim Ashari

Sumber: KONTAN 8 September 2016

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Pengampunan pajak

Tag:, , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: