Indonesia Harus Hati-hati dan Waspada

Dihubungi terpisah, pengamat pajak Yustinus Prastowo memperkirakan dana yang berada di luar negeri masih lebih dari Rp 1.000 triliun. Bahkan, angka tersebut masih sebagian kecil saja.

Menurut dia, para pengusaha menaruh dana atau asetnya di luar negeri karena masih belum jelasnya pemahaman status aset mereka. Ditjen Pajak bahkan menyebut asset milik WNI yang berada di luar negeri setara dengan PDB Indonesia, sekitar Rp 11.000-an triliun.

“Misalnya saja, apabila Warga Negara Indonesia (WNI) sudah mendapatkan status permanent residence di negara tersebut sehingga merasa asetnya sudah bukan lagi masuk wajib pajak di Indonesia. Atau mereka merasa tidak perlu melaporkannya ke Indonesia dan menganggap aset mereka tidak bisa dikejar,” kata Yustinus saat dihubungi Investor Daily, Selasa (11/7).

Dengan adanya kerja sama bilateral dengan Singapura, lanjut dia, hal itu menjadi pintu masuk Indonesia untuk membuka akses data-data mengenai aset tersebut. Namun, hal itu masih merupakan langkah awal saja.

Selanjutnya, pemerintah harus mempersiapkan strategi pengejaran aset sesuai dengan aturan berlaku. Misalnya, pengejaran melalui audit untuk memastikan apakah uang atau aset tersebut adalah hak Indonesia. Selain itu, perlu dipastikan data yang dikirimkan dan dibutuhkan memang benar-benar akurat.

“Kita tetap harus hati-hati dan waspada. Bisa saja Singapura mempunyai keinginan membuat aturan domestik sehingga memungkinkan WNA di negaranya bisa tidak masuk dalam pertukaran data itu. Untuk itu, pemerintah harus mengantisipasinya dengan skenario yang berubah ini dengan menyiapkan strategi optimistis dan realitis,” ungkap Yustinus. (dho/iin/rw)

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: