Menaker bikin program retraining bagi PHK di atas usia 40 tahun

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri berencana menerapkan kebijakan retraining (pelatihan kembali) bagi karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan. Hal ini dilakukan supaya karyawan tersebut memiliki kompetensi untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

Program ini akan menyasar karyawan korban PHK di atas usia 40 tahun. Sebab di usia tersebut, masyarakat akan lebih sulit berpindah profesi setelah menggeluti suatu bidang dalam waktu yang lama.

“Jadi, orang yang kena PHK mesti dapat skema retraining. Ini bisa akses pelatihan kualitas di mana mereka mau,” ujar Hanif saat memberi sambutan di acara Indonesia CSR Exhibition (ICE) 2017 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (18/8).

Dia menambahkan, pemberian retraining ini akan menggunakan dana cadangan pesangon. Nantinya, selama masa training 6 bulan, biaya bulanan akan diambil dari dana tersebut untuk mencukupi kebutuhan sampai menemukan pekerjaan yang baru.

“Dana cadangan pesangon, jadi dia bisa pergi pelatihan ke mana saja. Pelatihan 6 bulan, dia di cover diberikan bulanan 6 bulan kemudian kerja. Jadi pasti akan punya peluang dapatkan pekerjaan baru,” jelasnya.

Namun demikian, pihaknya masih terus mengkaji rencana tersebut. Bagaimana pengaplikasiannya ke depan, dan agar tidak memiliki kesamaan dengan yang telah disusun dalam BPJS Ketenagakerjaan apabila karyawan terkena PHK.

“Kan beda (dengan BPJS) skemanya beda ini. Makanya kita masih wacana, kita masih kaji,” pungkasnya.

Sumber : merdeka.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: