Mantap! Jack Ma Jadi Penasihat E-Commerce, Pemerintah Harus Lindungi Pasar Lokal

Mantap! Jack Ma Jadi Penasihat E-Commerce, Pemerintah Harus Lindungi Pasar Lokal

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, melakukan pertemuan dengan pengusaha terkaya di Asia sekaligus bos Alibaba yakni Jack Ma belum lama ini. Dalam pertemuannya tersebut, pria yang kerap disapa Chief RA meminta Ma menjadi salah satu penasihat pada roadmap e-Commerce di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat e-Commerce Kun Arief Cahyantoro menjelaskan, pemerintah harus membenahi e-Commercedi Indonesia dengan segala pertimbangan.

“Pemerintah harus tanggap dan serius untuk melindungi pasar lokal dan pemain bisnis lokal. Kuncinya adalah penguasaan pemerintah terhadap infrastruktur e-Commerce (infrastruktur gudang, delivery,payment, dsb) baik melalui kebijakan dan peraturan yang mengikat,” ujar Arief saat dihubungi Okezone via pesan elektronik, Kamis (24/8/2017).

Saat ini, lanjut Kun Arief, Indonesia telah menjadi arena pertarungan dua grup bisnis besar dari China, salah satunya perusahaan Alibaba yang dipimpin Jack Ma. “Akan tetapi, Jack Ma semoga tetap dapat membenahi e-Commerce di Indonesia dengan pertimbangan yang matang,” kata Arief.

Sebelumnya Chief RA menyatakan bahwa kehadiran Jack Ma ke Indonesia bukan sebagai perwakilan perusahaan Tiongkok. Bos Alibaba itu berniat untuk mengembangkan ekosistem e-Commerceagar mendapatkan manfaat dari perkembangan teknologi.

“Kata Jack Ma, dia akan datang bukan sebagai perusahaan Tiongkok, namun akan mengembangkan ekosistem agar UMKM, masyarakat sub urban dan pedesaan, khususnya di dunia sedang berkembang bisa mendapat nilai tambah ekonomi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi,” terang Rudiantara kepada Okezone belum lama ini.

Di sisi lain, pemerintah juga harus memiliki penguasaan terhadap salah satu atau beberapa infrastruktur penting pada e-Commerce. Misal, infrastruktur keamanan transaksi yaitu penggunaan Sertifikat Elektronik (Certificate Autority-CA) yang diatur dan dimiliki oleh pemerintah. “Pemain e-Commerce di Indonesia harus menggunakan CA e-Commerce Indonesia untuk transaksi di wilayah Indonesia,” kata Arief.

Rencana untuk menggandeng Jack Ma sebenarnya telah terwujud pada September 2016. Jack Ma secara prinsip telah menyetujui untuk menjadi penasihat e-Commerce di Indonesia. Selanjutnya Rudiantara menyebutkan, Jack Ma baru akan terlibat usai terbentuknya perpres roadmap e-Commerce Indonesia.

Pada 10 Agustus 2017 diwartakan, peta jalan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik (SNPBE atau roadmap e-Commerce) telah diterbitkan. Kini Peraturan Presiden (Perpres) terkait roadmap e-Commerce juga resmi diundangkan setelah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jack Ma harus independen juga profesional, agar tidak memunculkan hegemoni grup bisnisnya di mana hal tersebut dapat memunculkan adanya monopoli bisnis e-Commerce Indonesia,” tutup Arief.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: