Gangguan Satelit Telkom 1 Baru Pulih 10 September

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. menargetkan pemulihan layanan jaringan seluruh pelanggan satelit Telkom 1 selesai pada 10 September 2017.

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) Alex Sinaga mengatakan Telkom telah menjalankan upaya pemulihan (recovery) jaringan 63 pelanggan satelit Telkom 1 sejak Sabtu pekan lalu (26/8/2017).

Pemulihan rencananya dilakukan dalam dua tahap. Pertama, Telkom melakukan migrasi jaringan para pelanggan dari transponder Telkom 1 ke transponder Telkom 3S, Telkom 2, dan beberapa satelit milik perusahaan lain.

Satelit milik Telkom akan menerima 77% dari seluruh pelanggan Telkom 1, sedangkan 23% sisanya dilayani oleh satelit milik perusahaan lain. Proses migrasi transponder berlangsung sejak Sabtu pekan lalu dan ditargetkan selesai pada Rabu pekan ini (30/8/2017).

Kedua, Telkom akan melakukan proses perubahan arah (repointing) antena belasan ribu titik layanan permukaan (ground segment) milik pelanggan Telkom 1. Aktivitas ini akan dilakukan Telkom bersama perusahaan penyedia V-Sat yang menggunakan layanan Telkom 1.

Proses perubahan arah antena yang tadinya mengarah ke Telkom 1 ke satelit lain diperkirakan baru bisa selesai pada 10 September 2017.

Alex mengatakan Telkom memberikan prioritas pemulihan pada badan-badan pemerintah yang menggunakan Telkom 1 untuk kepentingan strategis. Prioritas kedua diberikan pada pelanggan yang memberikan layanan publik termasuk ATM, sedangkan perusahaan swasta diberikan prioritas terakhir.

“Atas nama PT Telkom kami memohon maaf atas seluruh 63 pelanggan, termasuk pelanggan dari pelanggan kami. Kami berkomitmen untuk memulihkan ini secepatnya,” kata Alex dalam konferensi pers di Graha Merah Putih, Senin (28/8/2017).

Gangguan layanan akibat anomali pada Telkom 1 terjadi sejak Jumat pekan lalu pada pukul 16.51 WIB. Anomali yang terjadi adalah pergeseran arah antena satelit.

Pergeseran menyebabkan gangguan jaringan yang antara lain menyebabkan belasan ribu ATM milik berbagai bank tidak bisa berfungsi (offline).

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: