Aturan Smartphone Masuk SPT Dikritik, Sri Mulyani: Baca Aturannya

Menteri Keuangan Sri Mulyani. ANTARA FOTO

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tak berkomentar banyak mengenai kritik terhadap aturan pencantuman barang elektronik dalam surat pelaporan harta tahunan (SPT). Aturan ini ramai dibincangkan karena cuitan akun Twitter Direktorat Jenderal Pajak, terkait Smartphone yang harus dilaporkan sebagai harta dalam SPT.

“Yang membuat komentar itu suruh baca aturannya saja,” ujar Sri Mulyani saat ditanyai di Gedung Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin, 17 September 2017.

Meski tak menjelaskan secara rinci, dia menegaskan bahwa ketentuan pelaporan dalam SPT sudah ada sejak lama. “Aturannya sudah dari tahun 2000.”

Pencantuman barang elektronik, termasuk Smartphone, sebagai harta dalam SPT dijelaskan dalam Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-19/PJ/2014, yang merupakan revisi aturan sebelumnya, yakni PER-34/PJ/2010. Di situ tercantum poin mengenai formulir SPT pajak penghasilan untuk pribadi maupun organisasi.

Bentuk formulir beserta langkah pengisiannya itu pun sudah ada sejak 2001 silam, dan diatur dalam Keputusan Dirjen Pajak Nomor KEP -214/PJ/2001 tentang Keterangan dan atau Dokumen Lain yang Harus Dilampirkan dalam Surat Pemberitahuan.

Aturan ini diketahui sebagai tindaklanjut Keputusan Menteri Keuangan RI Nomer 534/KMK.04/2000 dan Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) Nomor 16 Tahun 2000.

Cuitan Twitter Ditjen Pajak pada 14 September lalu terkait dengan viralnya peluncuran produk iPhone X. Ditjen Pajak, saat mengingatkan agar smartphone dicantumkan dalam kolom SPT Tahunan.

Hal itu ditanggapi pedas oleh netizen, tak terkecuali oleh mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli yang juga bercuit di Twitter.

“Saking paniknya uber setoran cicilan utang, HP harus didaftarkan sbg harta. Depresiasi HP sangat tinggi, kok ilmunya cuman segitu Mbok Srie,” tulis Rizal dalam akun Twitter resminya @Ramlirizal, Ahad kemarin, yang menyindir kebijakan Sri Mulyani.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: