Bea Cukai kenalkan aplikasi penghitung pajak impor

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai membuat aplikasi penghitung pajak impor. Ini untuk menghindari kebingungan menghitung bea masuk barang impor yang akan dibayarkan pelancong ketika kembali ke Indonesia.

“Namanya CEISA Mobile dan bisa diunduh melalui Android di Playstore,” ujar Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, di Jakarta, Rabu (20/9).

Penggunaan CEISA Mobile cukup mudah, yakni dengan memasukkan harga barang yang akan dibeli dan menjawab pertanyaan apakah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ataukah tidak. Lalu klik ‘Hitung’ untuk mengetahui jumlah pajak impor yang harus dibayarkan.

“Dengan begini orang mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan. Dia juga bisa berpikir ulang apakah akan membeli barang tersebut atau tidak. Ya syukur-syukur jika harganya lebih murah yang sudah diimpor ke dalam negeri karena sudah bayar semua pajak atau lebih bagus lagi beli yang buatan Indonesia saja,” kata Heru.

Ke depan, Heru mengatakan, akan mengembangkannya di iOS sembari terus menyosialisasikan penghitungan pajak barang impor ini kepada pelancong. Beberapa cara yang telah dilakukannya adalah melalui penerbangan internasional seperti Garuda Indonesia atau Batik Air lewat salah satu halaman majalah, bannerwebsite, dan melalui media sosial.

Untuk diketahui, bea masuk barang impor saat ini dikenakan jika nilai barang tersebut berada di atas US$ 250 per orang dan US$ 1.000 per keluarga untuk setiap kedatangan sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 188/PMK 04/2010 Pasal 8 tentang Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas, dan Barang Kiriman.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: