Pengusaha Ritel Berhemat, Mal Jadi Agak Panas

20160123-Megastore Courts-Jakarta-Fery Pradolo

Perusahaan ritel tengah melakukan efisiensi. Diperkirakan kinerja industri ritel pada tahun ini tak akan berbeda jauh dengan kinerja pada tahun lalu.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey mengatakan, Sejauh ini kinerja industri ritel belum bergerak jauh dari kinerja tahun lalu. Oleh karena itu, agar perusahaan bisa berjalan dan tetap mendapat laba tinggi, maka perusahaan ritel melakukan efisiensi.

Beberapa efisiensi yang ditempuh ialah mengganti lampu di toko ritel menjadi lampu hemat energi. Sehingga, bisa mengirit penggunaan listrik. “Kami coba ganti lampu hemat energi, LED, supaya cost listrik rendah,” kata dia di SCBD Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Para pengusaha ritel juga melakukan pengaturan pendingin udara. Maka tak heran, toko ritel akan sedikit panas pada waktu-waktu tertentu.

“Kemudian AC, mohon maaf, kalau lagi jam tidak ramai, kemudian agak sedikit, agak gerah sedikit, AC-nya memang diatur ada yang hidup ada yang tidak. Itu bukan hanya ritel tapi di mal,” ungkap dia.

Efisiensi selanjutnya ialah membatasi variasi produk. Pengusaha ritel saat ini cenderung memilih produk yang cepat dijual. “Seleksi produk, betul-betul diseleksi nggak sembarangan terima lagi produk yang launching, ritel kan hilir,” ujar dia.

Efisiensi pengaturan pembukaan toko. Jadi, pengusaha akan lebih selektif memilih lokasi pembukaan toko. Jika itu tak cukup, maka pengurangan toko menjadi opsi. Apabila terjadi, maka ini menjadi sebuah peringatan untuk pemerintah.

“Ujung-ujungnya efisiensi adalah pengurangan toko. Nah ini sebagai alert kalau sudah ada ritel pengurangan toko, dampaknya besar ada tenaga kerja yang terdelusi, produk berkurang diproduksi, dan macam-macam,” tukas dia.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: