DJP Gencarkan Ekstensifikasi

Direktorat Jenderal Pajak akan meningkatkan penerimaan pajak tahun depan yang ditargetkan Rp 1.415 triliun dengan melakukan ekstensifikasi, intensifikasi, pengawasan pasca-tax amnesty, serta peningkatan teknologi. Tax ratio Indonesia yang masih rendah sekitar 10,8% dari produk domestik bruto (PDB) diharapkan meningkat menjadi 11-12% pada 2018.

Target pajak tahun depan naik 10% dibandingkan pada APBN Perubahan 2017 sebesar Rp 1.284 triliun. Hingga Agustus lalu, realisasi penerimaan pajak sekitar Rp 686 triliun atau 53% dari target tahun ini.

Sementara itu, dari total 60 juta orang atau badan yang seharusnya memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP), baru sekitar 36 juta yang telah memiliki NPWP. Dari wajib pajak (WP) sebanyak 36 juta tersebut, yang menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) hanya sekitar 9,01 juta per Maret 2017.

“Mengenai pelaporan kepemilikan handphonesebagai harta (dalam SPT), itu agar masyarakat belajar tertib. Aturan ini sudah ada sejak lama. Harta kan prinsipnya harus dilaporkan dan HP ada yang Rp 15 juta. Ini belajar tertib saja,” ujar Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi di Jakarta, Senin (18/9).

Ken mengatakan, masyarakat tidak perlu panik. Bila sudah masuk dalam SPT, handphone ini termasuk dalam aset wajib pajak. Laporan kepemilikan tersebut tidak akan meningkatkan beban pajak, karena konsumen sudah membayar pajak pertambahan nilai (PPN) saat membeli handphone.

“Sebenarnya Anda beli HP sudah ada PPN. Tapi, uang untuk beli HP ini dari penghasilan, jadi dilaporkan saja. Misalnya memiliki handphone 10 buah seharga Rp 10 juta per unit, maka total asetnya sebesar Rp 100 juta. Ini yang kami lihat ’memiliki uang’ Rp 100 juta, tetapi sudah dilaporkan belum?” ujar Ken.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: