Ekonomi global lesu, kredit macet Eximbank naik

Ekonomi global lesu, kredit macet Eximbank naik

Kondisi ekonomi global dinilai masih cukup menantang. Hal ini pun turut berdampak pada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan Indonesia Eximbank.

Direktur Pelaksana I Eximbank Dwi Wahyudi mengakui, masih leletnya laju pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara terutama tujuan ekspor tradisional membuat kinerja sejumlah eksportir masih cukup berat. “Terutama eksportir dari produk-produk komoditas,” kata dia di Jakarta, Senin (25/9).

Kondisi ini juga terjadi di sejumlah debitur Eximbank. Sehingga kondisi keuangan nasabah lembaga ini di sektor tersebut pun ikutan lesu. Alhasil, ia mengakui hal ini berdampak pada rasio kredit macet yang ada di portofolio Eximbank.

Rasio non-performing loan alias NPL dari Eximbank memang menunjukan peningkatan. Dari data per Juli kemarin misalnya rasio NPL Gross dari Eximbankberada di angka 4,46% naik dari periode yang sama di tahun lalu yang hanya sebesar 2,78%.

Begitu pula dari sisi NPL Net yang mengalami kenaikan dalam rentang waktu yang sama dari 1,66% menjadi 3,24%.

Nah agar rasio kredit bermasalah ini tak makin menggemuk, dia bilang pihaknya melakukan sejumlah cara. Diantaranya membantu para debitur untuk mencari pasar-pasar yang masih tumbuh subur sehingga bisnisnya bisa tetap berjalan baik.

Sementara bagi debitur yang terlanjur bermasalah, upaya restrukturisasi bisa dilakukan. Diantaranya memperlonggar waktu pembayaran utang sesuai kemampuan debitur.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: