Sri Mulyani Lapor ke Jokowi, Setoran Pajak Sudah Rp 770 Triliun

Sri Mulyani Lapor ke Jokowi, Setoran Pajak Sudah Rp 770 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan penerimaan pajak hingga September 2017 telah mencapai 60% dari target yang ditetapkan dalam APBN-P 2017.

Target penerimaan pajak dalam APBN-P 2017 sebesar Rp 1.283,6 triliun, jika sudah mencapai 60% maka nilainya sekira Rp 770,16 triliun.

“Ya penerimaan pajak kita sampai September 2017 60% dan kita masih akan tentu tinggal 3 bulan, Kita coba perhatikan hati-hati,” kata Sri Mulyani di Komplek Istana, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Dalam pertemuan dengan orang nomor satu di Indonesia, Sri Mulyani didampingi oleh Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi, pertemuannya juga berlangsung kurang lebih hampir satu jam sejak pukul 14.41 WIB.

Sri Mulyani mengatakan, 60% penerimaan pajak yang telah dikantongi negara ini juga dijelaskan kepada Presiden Jokowi karena komposisinya berbeda dengan periode yang sama di tahun sebelumnya karena ada tax amnesty.

“Jadi kalau penerimaan dari PPh tidak sebesar September tahun lalu, itu kalau dikurang dari penerimaan tax amnestykita masih positif, tapi dibandingkan penerimaan tahun lalu yang ada tax amnesty-nya negatif,” ungkap dia.

Meski demikian, Sri Mulyani melaporkan juga kepada Presiden Jokowi terkait dengan pertumbuhan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang kumulatif dari Januari sampai September pertumbuhannya sebesar 14-15%, PPN impor meningkat 20-26%.

Dengan begitu, tegas Sri Mulyani, penerimaan perpajakan nasional dari seluruh sektor ekonomi berjalan dengan baik. Sektor-sektor yang selama ini dianggap tertekan nyatanya tumbuh positif.

“Manufaktur positif, kemudian perdagangan yang selama ini dianggap ada daya beli menurun, kita juga positif, tadi Pak Ken sampaikan kalau jasa titipan atau kurir itu meningkatnya juga lebih 100%, hal seperti ini yang menunjukkan ekonomi kita, kegiatan ekonominya mulai pickup,” ungkap dia.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: