Sesuai Prosedur, 296 Perusahaan Dapat Jalur Prioritas dari Bea Cukai

Pemerintah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penertiban Impor Berisiko Tinggi. Kebijakan ini diklaim Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mampu menertibkan impor perusahaan menjadi lebih baik.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan, ada 296 perusahaan yang aktivitas impornya sepertiga seluruh volume impor di Indonesia. Kepada 296 ini diberikan fasilitas kemudahan prosedural yaitu tidak diperiksa fisik dan tidak diperiksa dokumen di pelabuhan dan clearance time (dwelling time) dari sisi kepabeanan hanya hitungan menit.

“Kenapa? Karena begitu sistem menerima dan dikenali sebagai perusahaan-perusahaan ini maka respon approval juga diberikan oleh sistem. Sehingga mereka tidak butuh, bahkan kurang dari 5 menit,” ujarnya di JIEXPO, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Untuk membuat perusahaan semakin baik, Heru mengatakan, Bea Cukai akan melakukan pembinaan kepada perusahaan. Misalnya dengan, membina mereka menjadi importir yang patuh dan legal, membuat dokumen yang baik, memberitahukan fisik barang yang benar dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk kegiatan impor baik dari sisi kepabeanan maupun sisi perizinan.

“Kepada perusahaan yang mempunyai reputasi baik ini supaya mempunyai pesan ke yang lain, kalau mereka baiknya sama dengan perusahaan kategori sangat baik, mereka akan dapat pelayanan yang sama. Karena ini terbuka untuk siapa saja,”ujarnya.

Dari datanya, saat ini perusahaan-perusahaan yang masih belum mendapat jalur mayoritas ada sekira 5%-7% dari volume impor di Indonesia. Mereka masih berada di jalur merah alis clearance time lebih lama.

“Dengan penertiban risiko impor yang tinggi, ini kita berusaha mengurangi yang merah. Selama patuh kita akan pindahi ke jalur hijau, kalau sangat patuh lagi dipindahkan ke kelompok jalur prioritas,” ujarnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: