Keberatan dengan Tarif Pajak Kota Batu, Ini Penjelasan Jatim Park Group

Manager Marketing dan Public Relation JTP Grup, Titik S.Ariyanto. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Mencuatnya hutang pajak Jatim Park Grup sebesar Rp 25 Miliar dibenarkan oleh Jawa Timur Park Group. Namun besaran nominal hutang pajak itu tidak akan dibayarkan ke Pemkot Batu. Sebab pihak Jatim Park Group keberatan dengan adanya ketetapan pajak tersebut.

Manager Marketing & Public Relation Titik S.Ariyanto menjelaskan munculnya angka Rp 25 miliar karena angka tersebut muncul saat ada dualisme peraturan yg diberikan oleh pemerintah Kota Batu.

Tarif yang diberlakukan disesuaikan dengan Perda 2010 menyebutkan pajak hiburan sebesar 35 persen dari omset perusahaan. Kemudian pajak pusat sebesar 25 persen.

“Dimana tarif tersebut sangatlah tidak relevan apabila diterapkan di manapun. Contohnya pajak hiburan di Jakarta saja hanya sebesar 5%,” ungkap Titik.

Titik menjelaskan contoh Ilustrasi perhitungan tarif pajak 35% dibandingkan omzet setelah dikurangi biaya operasional dan pajak pusat Rp 1 juta dikurangi 35 persen yakni Rp 650 ribu. Lalu dikurangi 40 persen biaya operasional adalah Rp 260 ribu. Kemudian dipotong 25 persen pajak pusat sehingga sisa Rp 97.500. Mana ada perusahaan yg bisa survive di Kota Batu apabila tarif tersebut diterapkan.

Saat ini pajak hiburan untuk tempat rekreasi ditetapkan menjadi 7,5 persen pada tahun 2012. Lalu angka 7,5 persen itu ditetapkan setelah pemerintah menuai protes dari para pelaku usaha di Kota Batu melalui Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI).

“Jawa Timur Park Group sudah menaati peraturan yg berlaku dengan membayar pajak sesuai tagihan yang dihitung berdasarkan sistem ketetapan,” ujar Titik kepada BatuTIMES.

Sumber : batutimes.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: