Wah! Di 2020 Transaksi e-Commerce RI Bakal Tembus Rp 1.775 T

Jumlah penduduk yang besar, serta ditopang pertumbuhan penggunaan internet yang tinggi, membuat Indonesia di masa depan bisa jadi pasar bagi transaksi online, alias e-commerce terbesar di ASEAN.

Kepala Subdit Tata Kelola e-Business Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nyoman Adhiarna, mengatakan berdasarkan kajian bersama konsultan independen, nilai transaksi e-commerce di Indonesia bisa melampaui US$ 130 miliar atau Rp 1.755 triliun (kurs Rp 13.500) di 2020.

“Target tahun 2020 transaksi US$ 130 miliar. Ada yang mengatakan target ini terlalu ambisius, tapi kita sudah kaji oleh konsultan, bahkan bisa lebih cepat. Ini the biggest ASEAN,” kata Nyoman saat diskusi potensi E-Commerce di JIExpo, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

“Di Vietnam targetnya cuma US$ 100 miliar di 2020, Vietnam negara yang belakangan, dia lebih gampang. Tapi Vietnam US$ 100 miliar, kita US$ 130 miliar. Jadi harusnya kita dua kali dari Vietnam yakni US$ 250 miliar, yang jelas target pemerintah. Sekarang seperenam, sekitar US$ 26 miliar di tahun ini,” terang Nyoman.

Diungkapkannya, lonjakan transaksi e-commerce ditopang karena tingginya pertumbuhan internet dari tahun ke tahun. Apalagi, akses jaringan internet yang semakin cepat.

“Tadi saya sampaikan akses broadband dan mobilphone ini macu e-commerce. Pertumbuhan internet 11,3%, Tapi memang baru 30% dari orang dewasa di Indonesia yang sudah punya bank,” tutur Nyoman.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: