Dirut Mandiri: Rasio Pajak Indonesia Terendah di ASEAN dan G-20

penerimaan dan kepatuhan membayar pajak masih sangat rendah. Hal itu membuat rasio pajak (tax ratio) Indonesia menjadi yang terendah dibandingkan negara-negara tetangga.

“Kondisi penerimaan dan kepatuhan perpajakan yang masih sangat rendah sehingga mengakibatkan rasio pajak Indonesia terendah di antara negara-negara ASEAN dan G-20 dengan kecenderungan terus menurun,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo di Jakarta, Senin (30/10/2017).

Menurut data yang dimilikinya, dia mengatakan kalau tax ratio sejak 2005 ke 2017 telah mengalami penurunan. Pada 2005 rasio pajak ada sekira 12,3%. Pada 2017 angkanya turun menjadi sekira 11%. Oleh karenanya, reformasi perpajakan perlu digalakkan.

“Di saat yang bersamaan, sekitar 70% pendapatan negara berasal dari penerimaan pajak. Kedua, reformasi pajak ini dibutuhkan agar target tax ratio menjadi 14% pada 2020 dapat tercapai,” lanjut dia.

Menurut dia, jika ini masih terkait dengan reformasi pajak, maka Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan perlu diperkokoh dari sisi kelembagaannya.

“Reformasi kelembagaan pajak penting untuk menjadikan Direktorat Jenderal Pajak sebagai institusi perpajakan yang kuat, kredibel, dan akuntabel, serta dapat meningkatkan mutu pelayanan, penguatan pengawasan dan penegakan hukum perpajakan, serta memberi kesempatan wajib pajak untuk memperoleh keadilan perpajakan.

Menurutnya, momentum reformasi pajak yang sudah terbangun melalui kesuksesan program pengampunan pajak perlu terus ditingkatkan dan dilanjutkan. “Termasuk di dalamnya adalah pembenahan administrasi perpajakan, perbaikan regulasi, dan peningkatan basis perpajakan,” tambah dia.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: