Catat! Aturan Pembatasan Impor Rokok Listrik Segera Berlaku

https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 06 320 1809306 catat-aturan-pembatasan-impor-rokok-listrik-segera-berlaku-opCIEq4Y7o.jpg

Kementerian Perdagangan (Kemendag) membatasi impor rokok elektrik atau vape melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag). Pembatasan ini ditujukan agar peredaran rokok elektrik lebih terkontrol khususnya pada cairan yang digunakannya.

Berdasarkan pernyataan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita sebelumnya, Permendag soal pembatasan impor rokok elektrik prosesnya segera diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada Senin ini.

Mendag menegaskan bahwa aturan ini sudah semakin dekat untuk mencapai tahap akhir. Bahkan hari ini kata Mendag, aturannya sudah ditandatangani dalam bentuk Permendag. Namun Enggar belum menjelaskan secara lebih terperinci soal Permendag yang membatasi impor vape tersebut.

“(Aturannya) berlaku lah, sejak diundangkan,” jelas Enggar di kantornya, Jakarta, Senin (6/11/2017).

Adapun yang melatarbelakangi pemerintah memutuskan untuk membatasi impor vape lantaran peruntukannya banyak disalahgunakan. Barang yang seharusnya dikonsumsi untuk kategori orang dewasa, kata Enggar tak sedikit dikonsumsi oleh anak di bawah umur.

“(Jadi peredarannya) enggak dilarang, cuma enggak keluar-keluar itu izin. Bu Menkes (Menteri Kesehatan) sih meminta diinikan, lihat tuh bagaimana anak SD dengan vape dan kita enggak tau cairan itu isinya apa,” jelasnya.

Oleh karenanya, pemerintah ingin mengontrol peredaran vape. Pihaknya tidak ingin barang tersebut penggunaannya tidak tepat sasaran. Selain itu, kata Enggar, dengan pembatasan impor juga dilakukan demi kesehatan generasi muda.

“‎Kita mau membuat anak-anak muda sekarang lebih sehat. Dia boleh saja (impor), cuma minta izin dari Menkes, minta ke BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) bahwa itu tidak beracun, sehat, kemudian SNI (Standar Nasional Indonesia),” jelasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: