Tiga Syarat untuk Importir Cairan Vape

Tiga Syarat untuk Importir Cairan Vape

Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah membatasi impor cairan rokok elektrik (vape) melalui beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pebisnis peralatan rokok elektrik tersebut.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) yang akan mengontrol impor cairan tersebut.

Impor cairan rokok elektrik diperbolehkan jika sudah mendapat rekomendasi dari Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM). Selain itu, cairan itu juga harus memiliki standar internasional (SNI).

“Karena itu impor semua. Impornya baru dikasih kalau ada rekomendasi dari menteri kesehatan, bpom baru bisa beredar, kemudian dari SNI,” kata Enggartiasto di Kantor Kementerian Perdagangan, Jalan MI Ridwan Rais, Jakarta, Senin 6 November 2017.

Enggartiasto menjelaskan alasan mengapa akhirnya Kemendag angkat bicara soal rokok elektrik dan memperketat import produk ini.

Ia melihat anak-anak Sekolah Dasar (SD) dengan enaknya dan tanpa pengawasan menghisap rokok elektrik. Mereka tidak mengetahui cairan seperti apa yang ada didalamnya. Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan generasi muda, maka pemerintah memperketat izin impor cairan tersebut.

“Lihat anak SD, sudah diviralkan dan kita tidan tahu isi cairan itu apa. Awalnya tahu tapi tidak tahu isinya apa,” tutur dia.

“Kita mau membuat anak muda, anak-anak kita lebih sehat. Dia boleh saja cuma minta izin dari Menkes, minta ke BPOM bahwa itu tidak beracun, sehat, kemudian SNI,” tambah dia.

Aturan tersebut, Enggartiasto menambahkan seharusnya sudah berlaku saat ini. Sebab, ia mengaku sudah menandatangani Permendag tersebut kemarin.

“Ya berlaku lah, sejak diundangkan,” ujar dia.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: