Waduh, Cukai Plastik hingga Pemanis Buatan Ditunda

https: img.okeinfo.net content 2017 11 08 20 1810889 waduh-cukai-plastik-hingga-pemanis-buatan-ditunda-ltOAnarvBx.jpg

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan penerapan cukai kantong plastik (kresek) kembali ditunda untuk tahun ini dan akan kembali diajukan di 2018.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai, Heru Pambudi mengatakan, besar kemungkinan untuk tahun ini penerapan cukai kantong kresek kembali di tunda.

“Kalau kita lihat kemungkinannya akan seperti itu,” ungkap Heru di Kantornya, Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Namun, Heru menegaskan pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Hanya saja saat ini belum ada waktu yang tepat antara jadwal Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Komisi XI untuk membahas ini.

“Terus dibahas, setiap ada kesempatan pasti akan dilakukan. Ini kan APBN sudah selesai, kita akan bicara dengan Komisi XI. Belum nemu waktu bu Menkeu dan komisi XI,” jelasnya.

Sementara itu, untuk cukai pemanis buatan masih terus dalam tahap pembahasan. Tapi memang seharusnya dilakukan jika melihat dari aspek kesehatan sehingga nantinya konsumsi bisa turun.

“Wacana-wacana yang sudah muncul dari pemerhati kesehatan adalah bagaimana mengurangi konsumsi pemanis, sehingga menghindari penyakit diabetes,” jelasnya.

Meski dibahas tapi belum ada waktu yang pasti kapan cukai pemanis buatan akan ditetapkan tapi pihaknya terus berkoordinasi dengan K/L terkait. Pasalnya setelah ada kesepakatan Pemerintah baru akan diajukan ke DPR.

“Tergantung pemerintah secara keseluruhan. Ekstensifikasi ini adalah keputusan bersama yang nanti akan secara resmi diajukan pemerintah. Ini bukan semata-mata keputusan Kemenkeu, dalam hal ini BKF dan Bea Cukai. Ini keputusan pemerintah sehingga pemerintah harus komunikasikan secara internal,” tukasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: