Inilah daftar PR Dirjen Pajak baru

Inilah daftar PR Dirjen Pajak baru

Calon pengganti Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak diharapkan bisa menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah yang ditinggalkan Ken Dwijugesteadi yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2017. Selain meningkatkan penerimaan negara yang jarang mencapai target, pengganti Ken juga diharapkan bisa menyelesaikan langkah reformasi pajak.

Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Melchias Markus Mekeng mengatakan, siapapun yang terpilih menjadi Dirjen Pajak baru, harus bisa mengejar target penerimaan negara melalui pajak seoptimal mungkin. “Yang penting performance,” ujarnya, Sabtu (11/11).

Kinerja penerimaan pajak sangat penting karena sudah bertahun-tahun target penerimaan pajak selalu gagal tercapai. Padahal, pajak merupakan sumber utama penerimaan negara. Pada tahun ini target pajak juga diperkirakan bakal gagal tercapai karena realisasi penerimaan pajak hingga akhir September 2017 baru Rp 770,7 triliun atau 60% dari target APBNP 2017 sebesar Rp 1.283,57 triliun.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo berharap, selain target pajak, Dirjen Pajak baru juga menyelesaikan agenda reformasi perpajakan, membangun trust dari wajib pajak, serta membangun otoritas pajak yang kredibel dan profesional. Tantangan itu hanya bisa diatasi oleh pejabat yang handal dalam perpajakan, tapi juga punya jiwa leadership.

Seperti diketahui, ada tiga nama yang dikabarkan menjadi calon kuat Dirjen Pajak menggantikan Ken. Ketiga kandidat adalah Suryo Utomo, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak. Suryo berpengalaman dalam perpajakan karena memulai karier pegawai negeri sipil (PNS) di Ditjen Pajak tahun 1993. Sebelum menjadi staf ahli, Suryo adalah Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Ditjen Pajak, Direktur Perpajakan I, hingga Kepala Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing III.

Kandidat kedua adalan Awan Nurmawan Nuh, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak. Awan juga berpengalaman dalam perpajakan karena pernah menjadi Direktur Perpajakan I, Sekretaris Dirjen Pajak, Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian, serta Kepala Kanwil Pajak Jawa Tengah. Posisi staf ahli yang saat ini diduduki Awan adalah warisan Ken.

Calon terakhir adalah Hadiyanto yang saat ini menjabat Sekjen Kementerian Keuangan (Kemkeu). Hadiyanto sebelumnya adalah Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemkeu.

Terkait siapa calon Dirjen Pajak definitif, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hanya berjanji untuk mencari yang terbaik untuk bisa menjalankan tugas.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: