Pengusaha hotel bantah konsumsi masyarakat beralih ke jalan-jalan

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan telah terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dari sebelumnya belanja barang biasa menjadi belanja menyenangkan, seperti menginap di hotel dan jalan-jalan.

Terkait hal itu, Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Hariyadi Sukamdani menegaskan tidak menemukan adanya peralihan pola konsumsi ke hotel, begitu juga ke tempat-tempat rekreasi.

“Kami tidak menemukan terjadi shifting ke hotel. Dan kami juga tanya ke teman-teman taman rekreasi juga tidak lihat lonjakan signifikan, juga teman-teman travel agent yang kelola outbond,” ujarnya di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin (13/11).

Dia mengatakan sejauh ini jumlah pengunjung yang datang atau menginap di hotel masih relatif normal. Tidak ada lonjakan secara signifikan baik hotel berbintang maupun non berbintang.

“Artinya kan kalau shifting kan berarti yang lokal ya, tamu lokal ya, tamu lokal itu enggak terlihat. Normal-normal saja. Ya kenaikannya itu paling overall antara 5-10 persen. Kalau ada shifting itu kan semua ya, ini tidak,” imbuhnya.

Pada semester I-2017, lanjutnya, memang terjadi lonjakan tamu hotel karena ada banyak hari libur atau tanggal merah. Meski begitu lonjakannya tidak terlalu tinggi.

“Kemarin saja ramai semester pertama karena banyak libur ya. Tapi yang melonjak itu hanya liburan hari kejepit yang pertama ya. Kan libur kejepit itu kan beberapa kali tuh. Kejepit berikutnya biasa saja,” tandasnya.

Sumber : merdeka.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: