Tepis Pelemahan Daya Beli, Bappenas: Impor Barang Konsumsi Tinggi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menepis terjadinya pelemahan daya beli masyarakat walaupun dia mengakui konsumsi masyarakat tumbuhnya melambat.

Ditepisnya isu pelemahan daya beli diungkapkan dengan impor barang konsumsi yang meningkat. Kata Bambang, impor di sektor tersebut yang masih tumbuh mengindikasikan masih tingginya konsumsi masyarakat.

“Impor barang konsumsi pun tinggi. Karena pada kuartal III tahun lalu sudah tumbuh 11%. Ini pertanda demand barang konsumsi masih relatif tinggi,” kata dia di kantornya, Jakarta, Senin (13/11/2017).

Dia menilai bahwa melambatnya konsumsi masyarakat khususnya pada kuartal III dibandingkan kuartal II dari 4,95% menjadi 4,93% lebih dipengaruhi oleh momentum Idul Fitri yang jatuh pada kuartal II 2017.

“Kalau melemah dibanding kuartal II karena ada Lebaran,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, ketika Idul Fitri belanja masyarakat cenderung lebih tinggi dibandingkan hari biasa. Karena biasanya pada momentum Lebaran, masyarakat banyak menggunakan uangnya untuk belanja pakaian dan makanan-minuman untuk kebutuhan Lebaran.

Selain itu, kata dia perubahan pola konsumsi masyarakat memang benar adanya dan telah terjadi. Saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan uangnya untuk belanja jasa ketimbang barang yang bersifat fisik.

“Konsumsi memang beralih ke Jasa. Naiknya pariwisata dalam negeri juga mengubah pola konsumsi dari makanan-minuman, ke pariwisata dan pendidikan,” tandasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: