Tingkatkan Kepatuhan Pajak, Ken Dwijugiasteadi: Masyarakat Akan Patuh kalau DJP Bisa Dipercaya

Pajak merupakan masalah klasik yang masih harus dihadapi oleh Indonesia. Pasalnya, kepatuhan pajak masyarakat Indonesia masih sangat rendah.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi mengatakan, untuk memperbaiki kepatuhan masyarakat bisa dilakukan dengan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan memberi tahu kepada masyarakatnya apabila tidak membayar pajak.

“Jadi kalau ditanya, kita selalu yang disebut kepatuhan. Sebenarnya orang akan patuh kalau kita beri tahu akibatnya bukan penyebabnya. Contohnya kenapa tidak berani merokok di pom bensin karena tahu akibatnya terbakar. Kenapa kalau solat di masjid sandal sepatu dilepas karena tahu akibatnya akan dipukulin orang,” ujarnya dalam kuliah umum di Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Jakarta, Senin (13/11/2017).

“Orang juga akan bayar pajak kalau orang tahu uangnya untuk apa. Kalau enggak jelas masyarakat pesimistis, ah sialan uangnya untuk dihambur hamburan saja,” imbuhnya.

Selain itu lanjut Ken, memperbaiki kepatuhan juga bisa dilakukan dengan memperkuat institusi dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Dengan cara menjalankan dengan penuh integritas dan tidak lagi menerima suap.

“Berikutnya masyarakat akan patuh kalau kepada orang pajaknya. Kalau kita lagi bagus ada yang operasi Tangkap Tangan (OTT) jadi enggak percaya lagi karena yang ditangkap cuma satu orang. Masyarakat akan patuh kalau DJP-nya bisa dipercaya,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada para mahasiswa yang hadir agar tidak mempersulit Wajib Pajak (WP) yang ingin membayar pajak. Karena hal tersebut bisa mempengaruhi kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak.

“Orang akan patuh kalau bayar pajak gampang. Sekarang sudah gampang di smartphone lewat online,” ucapnya.

Terakhir lanjut Ken, untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat juga bisa dengan cara sanksi sosial. Seperti dikucilkan jika masyarakat tidak membayar pajak.

“Yang berikutnya norma-norma sosial, masyarakat akan patuh kalau enggak bayar pajak akan malu. Sekarang berlomba-lomba . Saya selalu bilang sekali membayar pajak pasti ketagihan kalau bapak ibu enggak ketagihan saya yang nagih,” jelasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: