DJP Kemenkeu Masih Hitung Potensi Pajak dari e-Commerce

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih menyusun aturan pajak yang akan dikenakan pada kegiatan ekonomi digital atau e-commerce. Penyusunan aturan ini memerlukan pembahasan mendalam karena ekonomi digital diharapkan bisa tumbuh dengan kokoh di masa mendatang.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara potensi kegiatan e-commerce di Tanah Air diperkirakan mencapai USD130 miliar pada 2020. Angka yang besar itu tentunya bisa memberikan efek positif terhadap penerimaan negara dalam bentuk pajak.

Sementara itu, Direktur Peraturan Perpajakan I Ditjen Pajak Kemenkeu Arif Yanuar menyatakan hingga saat ini pihaknya secara mendalam belum sampai pada tahap menghitung potensi secara rinci. Pihaknya kini masih dalam tahap merancang aturan pajak yang bakal dikenakan.

“Potensi belum kita hitung dan masih kita pelajari,” kata Arif, dalam acara media gathering, di Manado, Sulawesi Utara, Rabu malam, 22 November 2017.

Ia menambahkan, pada dasarnya dengan belum adanya aturan yang mengatur secara resmi tentang pajak e-commerce, bukan berarti seluruh bisnis e-commerce tak tercatat di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu.

Arif mengatakan, banyak pengusaha ritel skala besar yang sebetulnya menjalankan bisnisnya di dua kaki, yakni konvensional dan juga online. Sehingga bisa jadi pajaknya masuk pada industri konvensional. “Karena di SPT, kami tidak temukan pemisahan penghasilan dia jualan lewat online atau konvensional,” tutur Arif.

Lebih lanjut, ia menambahkan, saat ini pihaknya masih mematangkan aturan pajak e-commerce yang intinya menegaskan bahwa tak ada objek pajak baru. Aturan tersebut nantinya hanya mengatur tata cara pemungutan pajaknya. Namun, Arif menegaskan, pemerintah ingin merumuskan aturan yang memberi kemudahan bagi kegiatan e-commerce.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: