Menperin: Sejumlah Industri Segera Lakukan Ekspansi

Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto langsung menguji Nissan Note e-Power

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyatakan, sejumlah industri bakal segera melakukan ekspansi. Perluasan produksi tersebut dilakukan di berbagai sektor, mulai dari otomotif hingga ponsel.

“Saya lihat beberapa mau ekspansi, seperti industri sparepart (suku cadang) untuk otomotif berbasis di Thailand, sekarang di Indonesia dan akan ekspansi,” kata Airlangga saat menyampaikan pidato kunci pada acara diskusi bertajuk “Membangun Industri Berkelanjutan” di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Selain itu, imbuh dia, industri makanan dan minuman juga sudah berkomitmen untuk melakukan ekspansi. Pun industri petrokimia seperti semen.

Peningkatan produksi diakuinya juga akan dilakukan oleh industri ponsel pintar alias smartphone. Saat ini, kapasitas produksi mencapai 40 juta unit, sementara kebutuhan pasar mencapai 60 juta unit per tahun.

“Ini akan kami dorong, khususnya gadget dan sensor,” ujarnya.

Selain itu, pada saat Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pun pihak Korsel menjanjikan bakal membawa industri semikonduktor ke Indonesia. Airlangga mengatakan, pihaknya bakal menagih janji ini.

“Sudah kami lihat juga industri metal, investasi ke depan antara 4-5 tahun,” ungkapnya.

Sampai dengan bulan Agustus 2017, penyerapan tenaga kerja di sektor industri mencapai 17,01 juta orang atau sekitar 14,05 persen dari total tenaga kerja di Indonesia.

Kontribusi produk domestik bruto atau PDB industri pengolahan terhadap PDB perekonomian pada kuartal III tahun 2017 mencapai 19,9 persen.

Adapun kontribusi pajak dari sektor industri mencapai Rp 224,9 triliun. Pada kuartal III 2017, PDB industri pengolahan nonmigas tumbuh sebesar 5,49 persen, tumbuh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,06 persen.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: