Digitalisasi bikin PPN jasa kurir dan pergudangan tumbuh 24 persen

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, fenomena ekonomi digital yang saat ini berkembang pesat menjadikan jasa kurir dan pergudangan naik cukup besar. Hal ini terlihat dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang mengalami pertumbuhan pada sektor tersebut.

“Penerima pajak yang ada hubungannya dengan ekonomi digital baik dari jasa kurir maupun pergudangan naik cukup besar. PPN dalam negeri untuk jasa kurir tumbuh 24 persen year on year (yoy) PPh final 1 persen, ini berarti perusahaan UMKM, tumbuh 33 persen untuk jasa kurir. Dan PPh pasal 23 kita pertumbuhannya bahkan mencapai 113 persen yoy,” katanya, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (28/11).

Sedangkan untuk pergudangan PPN 16 persen dan PPh final sewa mencapai 23 persen. Sementara untuk penerimaan PPh final dari sewa terutama di sektor perdagangan tumbuh double digit.

“Penerimaan PPh final dari sewa terutama di sektor perdagangan baik wholesale atau ritel growth masih double digit. Wholesale masih sekitar 17 persen yoy dan volume Rp 113 miliar. Ritel tumbuh memang double digit tapi masih di bawah, sempat di atas 35 sekarang turun, di bawah 5 persen yoy,” ujarnya.

Kendati demikian, ada beberapa pusat perbelanjaan yang tetap bertahan walaupun ekonomi Indonesia tengah melambat. Bahkan, pusat perbelanjaan itu masih menerima penghasilan cukup besar atau Commercial Paper (CP).

“Coba kita lihat pusat perbelanjaan di Indonesia yang growth cukup tinggi. Sebut saja Gandaria City, Mal Casablanca, CP-nya masih tumbuh double digit. Yang single digit seperti Mal Karawaci dan Plaza Indonesia,” tandasnya.

Sumber : merdeka.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: