DJP Jateng II Berharap Wajib Pajak Ikut PAS Final

DJP Jateng II Berharap Wajib Pajak Ikut PAS Final

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 165/PMK.03/2017 pascaamnesti pajak. Salah satu yang diatur dalam PMK ini adalah mengenai prosedur Pengungkapan Aset secara Sukarela dengan Tarif Final (PAS-Final).

“PAS Final ini memberi kesempatan bagi seluruh Wajib Pajak yang memiliki harta yang masih belum dilaporkan dalam SPT Tahunan maupun Surat Pernyataan Harta (SPH),” ungkap Kepala Kanwil DJP Jateng II Rida Handanu, seperti diberitakan Selasa, 28 November 2017.

Jika wajib pajak mengungkapkan sendiri aset sebelum aset ditemukan oleh Ditjen Pajak maka ketentuan sanksi Pasal 18 UU Pengampunan Pajak tidak berlaku bagi wajib pajak. Prosedur ini hanya dapat dimanfaatkan selama Ditjen Pajak belum menerbitkan Surat Perintah Pemeriksaan (SP2) Pajak.

“Jadi Ditjen Pajak terus-menerus melakukan proses data maching antara data yang dilaporkan wajib pajak dalam SPT dan SPH, sesuai atau tidak,” papar Rida.

Ia pun mengimbau, wajib pajak di wilayah Jateng II segera memanfaatkan program tersebut. “Tiap Kantor Pajak Pratama (KPP) akan menyosialisasikan hal ini pada wajib pajak,” imbuhnya.

Sementara Rida menuturkan pencapaian pajak di wilayah DJP Jateng II baru mencapai 70 persen dari tetapan target. Pada 2017 DJP menargetkan capaian penerimaan pajak sebesar Rp11,5 triliun. Sedangkan hingga saat ini penerimaan pajak mencapai Rp8 triliun. Artinya masih ada kekurangan pencapaian pajak yang harus dicapai sekitar Rp3 triliun.

“Kami tetap berjuang untuk mencapai 100 persen hingga akhir tahun ini,” tutur dia.

Meski PAS Final tidak semata-mata mendongkrak penerimaan pajak, namun dirinya berharap penerimaan pajak dapat menutup kekurangan dari target tahun ini.

“Diharapkan akan banyak WP yang mengikuti program ini. Harapannya capaian penerimaan pajak bisa sampai 100 persen,” tutupnya.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: