Pajak Intip Belanja WNI di Luar Negeri, Ini Komentar Pengusaha

Pajak Intip Belanja WNI di Luar Negeri, Ini Komentar Pengusaha

Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan dalam surat yang beredar meminta penjelasan atas data dan atau keterangan yang sifatnya sangat segera kepada salah satu warga negara Indonesia (WNI).

Surat dengan nomor SP2DK-143/WPJ.01/KP.06/2017, Ditjen pajak menyebutkan bahwa salah satunya terkait dengan transaksi pembelian jam tangan yang dilakukan WNI dan meminta pengembalian Value Added Tax (VAT) secara tunai.

Terkait dengan hal itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Rosan Roeslani mengatakan bahwa penerapan pajak sebaiknya dibedakan dari tujuan pembeliannya, yaitu dibeli untuk pribadi atau untuk dipasarkan kembali.

“Ya kalau saya ngeliatnya lebih gini, kalau barang digunakan untuk keperluan sendiri sih mestinya dibedakan ya. Kecuali memang dia beli untuk dipasarkan kembali atau mendapatkan keuntungan tentu itu harus dikenakan pajak,” kata Roslan kepada detikFinance, Senin (27/11/2017).

Menurutnya jika barang tersebut dibeli untuk pribadi sebaiknya tidak perlu ditindaklanjuti. Pasalnya, barang tersebut tidak digunakan untuk mencari keuntungan.

“Kalau dipakai sendiri dan bukan untuk mencari keuntungan ya mestinya nggak usah sejauh itu. Karena untuk dipakai sendiri kan,” pungkasnya.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: