Penerapan GCG emiten bisa melindungi semua

Penerapan GCG emiten bisa melindungi semua

Good corporate governance (GCG) menjadi sorotan publik. Isu tata kelola yang baik emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) kian santer karena menyangkut kepentingan pemegang saham, terutama investor publik.

Apalagi, belakangan ini sejumlah perusahaan publik terlilit kasus dan dinyatakan pailit. Misalnya, PT Citra Maharlika Nusantara Corpora Tbk (CPGT) dan PT Dwi Aneka Jaya Kemasindo Tbk (DAJK).

Kabar terbaru terkait PT Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk (DGIK). Emiten konstruksi ini terpapar korupsi proyek rumahsakit Universitas Udayana di Bali dan Wisma Atlet di Sumatera Selatan.

Bukan hanya petingginya yang dihukum, DGIK sebagai korporasi juga kena getahnya. Di proyek RS Udayana dan Wisma Atlet ini, hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menghukum DGIK untuk membayar uang pengganti senilai Rp 14,48 miliar dan Rp 33,42 miliar.

Financial Expert Universitas Prasetiya MulyaLukas Setia Atmaja menilai, peran direktur dan komisaris sangat penting dalam pelaksanaan GCG. Peran itu perlu dimaksimalkan untuk melindungi seluruh stakeholders perusahaan baik kreditur, pemasok, karyawan, dan pemerintah.

Ada beberapa pilar GCG, seperti persamaan hak antara pemegang saham. “Jangan sampai pemegang saham mayoritas menzalimi pemegang saham minoritas,” kata Lukas kepada KONTAN, Senin (27/11).

Menurut dia, terkait dengan emiten pailit, ada dua kemungkinan. Pertama, manajemen tak bisa mengelola perusahaan dengan baik sehingga tidak bisa bersaing. Kedua, perusahaan pailit karena unsur kesengajaan. “Namun demikian, tidak bisa dipungkiri dalam kondisi krisis, perusahaan yang CG-nya jelek akan ambruk duluan karena masalah kepercayaan dan reputasi,” ungkap Lukas.

GCG juga bisa diukur dari kondisi keuangan emiten. Peringkat utang pun menjadi pertimbangan karena acap menjadi parameter awal kondisi kesehatan perusahaan.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: