9 Miliarder Indonesia yang Ikut Tax Amnesty, Ada Siapa Aja?

Untuk meningkatkan pendapatan pemerintah, Presiden Joko Widodo sejak Juli 2016 menawarkan amnesti pajak kepada para wajib pajak. Program ini memberikan nuansa patriotik kepada warga untuk membayar pajak mereka dengan adil dengan insentif tarif pajak yang rendah.

Hal ini dilakukan untuk menarik para pembayar pajak agar menyatakan aset yang sebelumnya tidak diungkapkan yang disimpan di rumah atau di luar negeri. Di antara peserta yang terkemuka, ada beberapa nama dari daftar orang kaya di Indonesia. Meski tak diharuskan untuk menyatakan berapa banyak harta yang dilaporkan, tetapi banyak peserta yang bersedia tampil di depan media. Mereka berdiri di samping petugas pajak sambil berpose dan menandatangani dokumen pajak.

“Saya meminta agar pengusaha lain untuk melakukannya juga,” ungkap James Riady, anak dari Mochtar Riady seperti dikutip Forbes, Kamis (30/11/2017).

Tujuan untuk kegiatan ini adalah untuk mendorong warga yang kurang dikenal untuk melakukan peran mereka juga. Jika para konglomerat dapat melakukannya, orang lain juga bisa melakukannya.

Sebanyak 514 orang dan 57 badan hukum mengatakan untuk mengirimkan dokumentasi ke kantor pajak pemerintah yang khusus menangani wajib pajak seperti pembayar pajak yang sangat kaya selama amnesti periode pertama yang berlangsung dari bulan Juli sampai September kemudian diikuti dua periode tiga bulan lagi, yang berakhir pada bulan Maret 2017.

Di bawah amnesti, orang membayar 2% aset yang dipulangkan dan 4% aset dinyatakan namun tidak dipulangkan. Hukuman akan meningkat setelah 30 September yang meningkat menjadi 3% dan 6%.

Sejauh ini, hanya satu anggota Indonesia terkaya di dunia, Tahir, yang kekayaan bersihnya naik karena aset yang baru diungkapkan. Meski aset-aset sebelumnya yang tersembunyi mungkin akan terungkap dalam beberapa bulan mendatang.

Tujuh orang, yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia, ditambah 2 anak laki-laki mereka tampaknya telah menyetujui untuk mengembalikan asetnya ke Indonesia.

Mereka adalah Anthoni Salim, Franky Widjaja yang merupakan anak dari Eka Tjipta Widjaja, Murdaya Poo, James Riady (anak dari Mochtar), Teddy Rachmat, Ciputra, Djoko Susanto, Garibaldi Thohir dan Arifin Panigoro. Yang lain mungkin telah setuju tetapi tidak tersorot media. Sementara itu, keluarga terkaya di Indonesia, Hartonos, ternyata memindahkan saham mereka di Bank Central Asia dari kendaraan lepas pantai ke kapal Indonesia.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: