Penerimaan Pajak Capai 80% dari Target

Sedangkan Enny Sri Hartati memproyeksikan, target penerimaan pajak 2017 kembali tak tercapai. Pasalnya, hingga Oktober 2017, realisasi penerimaan pajak baru mencapai 67,7%. Ia memperkirakan, penerimaan pajak hingga akhir tahun hanya akan mencapai 80% dari target yang ditetapkan.

“Sudah pasti target yang ditetapkan enggak tercapai, kecuali pemerintah bikin lagi akrobat seperti ’ijon’. Itu bisa naik 85% atau nggak melakukan ’ijon’ tapi orang bisa lagi melakukan skema tax amnesty sekarang. Yang belum laporkan harta, boleh ikut ’tax amnesty’ lagi. Nah kalo skema itu masih memungkinkan 85%,” ujar di.

Sebagai tambahan informasi praktik ’ijon’ adalah pemungutan setoran pajak tahun depan yang dilakukan lebih awal untuk mengamankan penerimaan. Strategi ini pernah dilakukan menteri keuangan terdahulu, Bambang Brojonegoro, pada 2015 lalu guna mengejar target penerimaan pajak yang terbilang tinggi.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan tidak akan melakukan sistem ’ijon’ atau memungut penerimaan pajak tahun depan ke tahun ini. Selain karena dinilai cenderung mengarah pada tindak pemerasan maupun pemaksaan, praktik ’ijon’ juga tidak sesuai dengan undang-undang.

Selanjutnya Enny menambahkan bahwa defisit tidak boleh melampaui yang diperbolehkan undang-undang yaitu maksimal 3%. “Defisit mungkin 2,6% dengan catatan harus melakukan penghematan. Intinya program yang direncanakan tidak jadi dilakukan atau sederhananya dilakukan pemotongan anggaran,” kata dia.

Enny menambahkan, skema yang terjadi jika target penerimaan pajak tidak tercapai, maka di Kementerian Keuangan yaitu Dirjen Pembendaharaan Keuangan Negara sudah pasti akan mengatur keran keluar masuknya cash flow. Secara riil anggaran pemerintah sudah banyak yang dipotong menjadi berbagai macam program, kemudian ditunda.

“Dirjen Perbendaharaan akan tetap menjaga defisit di bawah 3%, ya menunggu pencairan itu namanya kan pemotongan. Kalau ditunda hingga Desember, berarti kan nggak jadi, lalu apa bedanya dengan pemotongan” tegas dia.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: