Target Jangka Pendek dan Panjang Dirjen Pajak yang Baru, Robert Pakpahan

Robert Pakpahan

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan menargetkan dalam waktu dekat untuk fokus memaksimalkan penerimaan pajak tahun 2017.

Sedangkan untuk jangka menengah hingga panjang, ada beberapa hal yang akan dikerjakan olehnya bersama dengan sekitar 40.000 pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di seluruh Indonesia.

“Dalam jangka pendek yang akan saya kerjakan, pertama adalah untuk sisa tahun 2017 mengamankan penerimaan sebaik mungkin sehingga penerimaan pajak tersebut ikut menopang keamanan APBN sehingga defisit yang diperkirakan itu bisa dipertahankan,” kata Robert usai acara pelantikan di gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2017) malam.

Sedangkan beberapa hal yang akan dilakukan untuk jangka menengah dan panjangnya adalah seputar reformasi perpajakan serta mempersiapkan Indonesia menjelang pelaksanaan program Automatic Exchange of Information (AEoI), yakni kesepakatan sejumlah negara untuk bertukar informasi dalam rangka memaksimalkan sistem perpajakan.

Soal reformasi pajak, menurut Robert, poin yang akan dibenahi pertama-tama soal internal DJP itu sendiri.

Dengan bekal sebagai Ketua Tim Reformasi sepuluh tahun lalu, Robert berjanji untuk membangun sistem perpajakan yang lebih kredibel, serta memberi pelayanan dan kepuasan bagi wajib pajak.

“Peraturan juga akan dicek, ada beberapa perundang-undangan yang sudah diusulkan ke DPR. Sudah banyak improvement di sistem informasi DJP,” tutur Robert.

Dia berharap, ketika Indonesia sudah siap melaksanakan AEoI pada September 2018, semua informasi perbankan wajib pajak di dalam maupun luar negeri bisa didapat dengan mudah.

Data tersebut nantinya akan ditindaklanjuti petugas pajak dalam rangka memaksimalkan penerimaan negara dari sektor perpajakan.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: