Apindo khawatir aspek politik hambat pertumbuhan ekonomi 2018

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memandang perlu adanya stabilitas ekonomi dan politik di 2018. Stabilitas dibutuhkan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Hal ini diingatkan Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani, karena 2018 merupakan tahun politik. Di mana hampir 160 daerah menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

Apindo mengkhawatirkan proses reformasi struktural terhambat saat memasuki tahun politik 2018. Sebab, pemerintah akan lebih fokus di bidang politik.

“Fokus dan energi pemerintah mau tidak mau akan terbagi untuk meredam arah perkembangan politik kelembagaan dan kemasyarakatan yang mungkin bergeser,” kata Hariyadi dalam acara pemaparan outlook 2018 di Kantornya, Jakarta, Selasa (5/12).

Hariyadi menjelaskan, pada 2018, pengusaha akan memilih langkah menunggu perkembangan. Diharapkan tidak ada faktor pemecah persatuan pada tahun depan.

“Fokus pengelolaan ekonomi sangat terpengaruh dinamika politik yang ada, khususnya dampak politik yang bisa menimbulkan perpecahan di masyarakat. Menimbulkan gap yang besar. Dinamika politik jangan memecah belah masyarakat, isu agama, isu ras, kita harapkan tak terjadi. Kalau terjadi akan berpengaruh terhadap persepsi pelaku ekonomi kita.”

Hariyadi menambahkan, jajaran pembantu presiden juga diminta tidak berlomba-lomba memperbanyak regulasi yang tidak relevan atas nama publikasi terhadap pencapaian-pencapaian yang mereka telah lakukan.

“Hal tersebut awalnya dimaksudkan untuk menjaga optimisme, namun justru menciptakan kecemasan dunia usaha.”

Sumber : merdeka.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: