Ini Penghambat Pertumbuhan Dunia Usaha Tahun Depan Versi Pengusaha

Tidak lama lagi kita semua akan meninggalkan tahun 2017 dan memasuki tahun yang baru di 2018. Khusus di sektor ekonomi, harapan besar disampaikan kalangan pengusaha yang tergabung di bawah Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Para pengusaha tersebut berharap kebijakan pemerintah tidak menghambat kinerja dunia usaha. Apalagi, pada 2018 mendatang pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,4 persen .

Ketua Apindo, Hariyadi Sukamdani mengatakan, ada dua hal yang masih menjadi potensi penghambat kinerja dunia usaha 2018. Menurutnya, selain faktor eksternal ada faktor lain yang turut menghambat.

Pertama, kebijakan dari kementerian dan menteri yang dianggap kontradiktif dan bertentangan dengan semangat dalam penyederhanaan regulasi. “Walau akhirnya dikeluarkan Inpres terkait di tahun 2017 yang mengatur regulasi tersebut di bawah kementerian koordinator masing-masing. Ini tetap saja berpotensi menghambat,” kata Hariyadi dalam Outlook Apindo 2018, di Jakarta, Selasa (5/12).

Kedua, lanjut Hariyadi, perihal perkembangan regulasi daerah yang belum berjalan searah dan sesuai koordinasi dengan pemerintah pusat. Menurutnya, kebijakan daerah maupun pusat seringkali berbeda sehingga sering ditemukan kesalahpahaman dari para pengusaha.

“Jadi potensi-potensi seperti ini bisa saja menghambat dunia usaha pada 2018 mendatang. Ini yang perlu di antisipasi,” tandasnya.

Sumber : jawapos.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: